Profil Toko Buku Gunung Agung, Viral Karena Bakal Tutup Semua Outlet Hingga PHK Sepihak

Annisa Fadhilah
Minggu 21 Mei 2023, 19:09 WIB
Toko Gunung Agung (Sumber : Twitter)

Toko Gunung Agung (Sumber : Twitter)

LABVIRAL.COM - Toko Buku Gunung Agung sedang viral di berbagai media sosial, dikarenaka kedua kabar kurang bagi terkait operasional hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak.

Diketahui, Gunung Agung adalah toko buku terkenal pertama di Indonesia dan dikenal melegenda.

Gunung Agung didirikan almarhum Tjio Wie Tay atau yang dikenal sebagai Haji Masagung (1927 - 1990) sejak tahun 1953.

Awalnya, Gunung Agung hanya sebuah kios sederhana yang menjual buku, surat kabar, dan majalah dengan nama kemitraan Thay San Kongsie.

Seiring perkembangan bisnis yang semakin besar dan kompleks di awal kemerdekaan, Haji Masagung mendirikan perusahaan baru yang menerbitkan dan mengimpor buku dari luar negeri, bernama Firma Gunung Agung.

Haji Masagung juga menyelenggarakan pameran buku pertama di Indonesia pada tahun 1954, yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Harta Kekayaan 7 Presiden Indonesia

Pada tahun-tahun berikutnya, Haji Masagung terus meningkatkan standar maupun kualitas perusahaan. Dan menjadikan Gunung menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia.

Hampir 65 tahun, perusahaannya pun masih beroperasi di Jalan Kwitang Jakarta. Saat memasuki zaman milenium di awal 2000-an, perusahaan memperluas lini produknya dengan alat tulis, kebutuhan sekolah, barang mewah, barang olahraga, alat musik, otomatisasi/peralatan kantor, dan produk teknologi tinggi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini