Tidak Pernah Rugi, Berikut 6 Kunci Bisnis Ala Nabi Muhammad SAW

Ananta
Rabu 15 Maret 2023, 19:59 WIB
ilustrasi penjual muslim. Ada 6 kunci bisnis ala Nabi Muhammad SAW yang membuatnyat tidak pernah rugi (Sumber : Freepik.com)

ilustrasi penjual muslim. Ada 6 kunci bisnis ala Nabi Muhammad SAW yang membuatnyat tidak pernah rugi (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Nabi Muhammad SAW memiliki banyak sekali hal yang bisa diteladani oleh umat muslim. Salah satu yang bisa diteladani dari Rasulullah SAW adalah kejujurannya dalam berdagang. Sejarah membuktikan bahwa Rasulullah SAW sukses menjadi entrepreneur. Bahkan, disebutkan bahwa dalam berbisnis Rasulullah SAW tidak pernah merugi. Ini bukti kepiawaian Beliau.

Dikutip LabViral.com dari beberapa buku, diantaranya Marketing Muhammad, Strategi Andal dan Jitu Praktik Bisnis Nabi Muhammad SAW (2020) karya Thorik Gunara dan Utus Hardiono Sudibyo, berikut tips-tips sukses bisnis ala Rasulullah SAW:

1. Branding Yang Jujur

Dalam berbisnis, Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk menjauhi sumpah. Terutama ketika mempromosikan (branding) barang dagangan kita. Tidak usah sampai bersumpah untuk menyakinkan pembeli, apalagi sampai berbohong. Cukup dengan menjaga kualitas barang dagangan kita, maka pembeli akan loyal dan percaya dengan brand kita (honest branding).

Nabi saw memberi peringatan keras tentang pebisnis yang manipulatif. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Sumpah itu melariskan barang dagangan, akan tetapi menghapus keberkahan”

Nabi SAW sendiri diberi gelar Al Amin (terpercaya), karena Beliau memang selalu jujur dalam segala hal, termasuk ketika berbisnis. Para pembeli dan rekan bisnis Beliau tidak pernah ragu pada akuntabilitas dan transparansi Rasululah SAW dalam berbisnis.

Baca Juga: Ingin Membuka Usaha, Lakukan Langkah-langkah Berikut Ini!

2. Perang Harga? No!

Rasulullah SAW melarang keras strategi perang harga dalam berbisnis. Cara seperti ini kerap dilakukan seorang pebisnis untuk menjatuhkan kompetitornya. Rasulullah SAW selalu menjual harga barang dagangannya secara proporsional. Rasulullah SAW tidak pernah mengambil keuntungan terlalu besar, sehingga akan merugikan pembeli atau rekanannya. Etika Beliau dalam berdagang ini membuat, harga di pasar selalu stabil.

Prinsip Rasulullah SAW ini tercermin dalam ayat Al Quran berikut ini: “Barangsiapa yang menghendaki keuntungan akhirat, akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan dunia, Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu kebahagiaan pun di akhirat .” (QS. Asy-Syuraa: 20)

3. Jaga Kualitas Barang

Prinsip lainnya yang dianut oleh Rasulullah SAW dalam berbisnis adaah menjaga kualitas barang jualannya. Rasulullah SAW tidak pernah menjual barang-barang cacat. Sebab itu akan merugikan pembeli dan bisa menjadi dosa bagi si penjual. Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir, Rasulullah SAW bersabda: Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak halal bagi seorang muslim untuk menjual barang yang ada cacatnya kepada temannya, kecuali jika dia jelaskan. (HR. Ibn Majah)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini