Sejarah Terbentuknya Bank Syariah Indonesia, Cermin Wajah Perbankan Syariah di Indonesia

Andi Syafriadi
Rabu 08 Maret 2023, 08:33 WIB
Bank Syariah Indonesia (Sumber : Dok.BSI)

Bank Syariah Indonesia (Sumber : Dok.BSI)

LABVIRAL.COM - Saat ini Indonesia sudah memiliki perbankan syariah yang merupakan gabungan dari berbagai bank BUMN yakni Bank Syariah indonesia (BSI). BSI sendiri merupakan hasil penggabungan dari Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah.

Awal mula berdirinya Bank BSI ini sejak tahun 2021 lalu, dimana BSI hadir sebagai pilihan bagi masyarakat yang ingin membuka rekening

Dikutip LabViral.com dari situs resmi BSI (bankbsi.co.id), awal mula berdirinya Bank Syariah Indonesia ini dilatarbelakangi berkat negara Indonesia yang menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Melihat potensinya yang begitu besar dalam Industri keuangan terutama perbankan syariah tercetuslah Bank BSI.

Kemudian ketiga bank syariah yang telah berdiri sebelumnya yaitu Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah menggabungkan diri menjadi satu entitas yang akhirnya terbentuk Bank Syariah Indonesia atau BSI ini, terhitung tepat pada 1 Februari 2021.

Komposisi pemegang saham BSI adalah: PT Bank Mandiri (Persero ) Tbk 50,83%, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk 24,85%, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 17,25%. Sisanya adalah pemegang saham yang masing-masing di bawah 5%.

Penggabungan ini menyatukan kelebihan dari ketiga bank syariah, sehingga menghadirkan layanan yang lebih lengkap, jangkauan lebih luas, serta memiliki kapasitas permodalan yang lebih baik.

Didukung sinergi dengan perusahaan serta komitmen pemerintah melalui Kementerian BUMN, Bank Syariah Indonesia didorong untuk dapat bersaing di tingkat global.

Baca Juga: Kabar Gembira! Biaya Minimal Transfer Sesama BCA Rp1 per 21 Maret 2023

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini