MenKopUKM Sebut Target 1 Juta Wirausaha dari Kalangan Terdidik Harus By Design

Andi Syafriadi
Selasa 27 Juni 2023, 20:23 WIB
MenKopUKM Sebut Target 1 Juta Wirausaha dari Kalangan Terdidik Harus By Design (Sumber : Dok. Humas Kemenkop)

MenKopUKM Sebut Target 1 Juta Wirausaha dari Kalangan Terdidik Harus By Design (Sumber : Dok. Humas Kemenkop)

LABVIRAL.COM - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyebutkan bahwa pemerintah menargetkan mampu mencetak 1 juta wirausaha baru dari kalangan terdidik hingga mencapai rasio kewirausahaan di level 3,95 persen.

Sehingga KemenKopUKM banyak menjalin kerja sama dengan kampus-kampus atau perguruan tinggi dalam membangun inkubator bisnis.

"Namun, kali ini, mencetak wirausaha baru, khususnya dari kalangan anak muda, harus by design. Ibarat memilih telur yang baik untuk dierami, ditetaskan, kemudian dibesarkan," kata MenKopUKM, Teten Masduki, pada acara Persiapan Keberangkatan (PK) 204 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Jakarta belum lama ini.

Menteri Teten merujuk keberhasilan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang yang berhasil menciptakan banyak wirausaha dari kalangan anak muda terdidik lulusan perguruan tinggi.

"Saat ini, kita sedang terus membenahi ekosistem kewirausahaan di Indonesia," ucap MenKopUKM.

Di Korsel, misalnya, bila ada anak muda memiliki ide bisnis berbasis teknologi tinggi, kemudian diuji sebuah lembaga penilai dan dinyatakan teknologi unggul, maka akan keluar sertifikasinya. "Dari sertifikasinya, dia mendapat bantuan perkuatan permodalan dari perbankan tanpa agunan," kata Menteri Teten.

Untuk itu, MenKopUKM akan menjalin kerja sama dengan Korsel dalam menciptakan ekosistem kewirausahaan di Indonesia. Khususnya, dalam meningkatkan kemampuan teknologi tinggi. "Saya berharap akan lahir wirausaha dari kalangan anak muda yang berevolusi masuk ke teknologi tinggi atau hitech," ucap Menteri Teten.

Pasalnya, kata MenKopUKM, yang mampu memenangkan kompetisi dunia di masa sekarang dan yang akan datang adalah mereka yang memiliki inovasi dan kreativitas berbasis teknologi tinggi.

"Saya senang saat ini banyak perguruan tinggi sudah memiliki kurikulum kewirausahaan. Sehingga, mampu mengubah pola pikir dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja," kata Menteri Teten.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini