MenKopUKM: Kain Tradisional Indonesia Harus Jadi Bagian Industri Dunia

Andi Syafriadi
Kamis 27 Juli 2023, 23:00 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (Dok. KemenkopUKM) (Sumber : Dok. Kemenkop UKM)

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (Dok. KemenkopUKM) (Sumber : Dok. Kemenkop UKM)

LABVIRAL.COM - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki optimistis kain-kain etnik tradisional (wastra) dari Indonesia semakin dilirik dan menjadi bagian dari industri fesyen dunia.

MenKopUKM Teten Masduki mengatakan kain-kain wastra Indonesia dikenal memiliki keunikan dan keberagaman dari berbagai daerah, hal itulah yang menjadi unggulan produk kain dalam negeri dibanding negara lain.

“Salah satunya dari Indonesia, dua tahun lalu tenun gringsing dari Bali itu sudah dipakai oleh merek Dior. Nah ini saya kira akan banyak kain lokal wastra lainnya yang akan menjadi bagian dari produk dunia,” ucap Menteri Teten di sela-sela acara Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis 27 Juli 2023.

Baca Juga: Zodiak Virgo Hari ini: Ramalan Zodiak Virgo Tahun 2023 Jumat 28 Juli. Kesehatan, Cinta, Keuangan, dan Karir

Dalam mewujudkan hal tersebut, kata Menteri Teten, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) turut aktif melakukan kerja sama dengan berbagai inkubator untuk mengurasi dan mendampingi para pelaku UMKM, dan desainer lokal agar memenuhi standar dunia.

“Salah satunya KemenKopUKM yang telah bekerja sama dengan Institut Francais d’Indonesie (IFI) dan Pintu Inkubator untuk membawa produk fesyen termasuk kain tradisional masuk ke pasar Prancis dan Eropa. Karena kalau bekerja sendiri pasti butuh waktu yang lama. Bersama inkubator, mendorong bisnis UMKM ini terus berkembang ke pasar global,” ujarnya.

MenKopUKM pun mendukung ajang KKI 2023 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) dan menjadi komitmen BI bersama Pemerintah dalam mengakselerasi berbagai kebijakan pengembangan UMKM, agar semakin produktif dan kontributif guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: Zodiak Aquarius Hari ini: Ramalan Zodiak Aquarius Tahun 2023 Kamis 27 Juli. Kesehatan, Cinta, Keuangan, dan Karir

“Event seperti ini, selain mempromosikan produk kain Indonesia dan mendorong penjualan ritel, tetapi juga menjadi ajang business matching yang mengundang para buyer dari luar negeri, sehingga produk kain dan fesyen Indonesia yang kaya ini, terhubung dengan distributor di luar negeri,” kata Teten.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini