Cara Budidaya Ikan Koi, Bisa Dilakukan Oleh Pemula Sekalipun!

Dian Eko Prasetio
Senin 20 Maret 2023, 16:54 WIB
Illustrasi Ikan Koi (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Ikan Koi (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Ikan Koi dikenal sebagai salah satu jenis ikan hias yang digandrungi oleh banyak orang. Kombinasi warna yang menarik dan cara berenang ikan Koi yang elegan mampu memberikan ketenangan kepada siapa saja yang memelihara ikan hias ini.

Jadi, tak mengherankan jika ikan hias asal negeri Sakura ini masih terus dicari oleh para pecinta ikan hias di Indonesia. Dengan minat masyarakat yang tinggi, budidaya ikan Koi tentu bisa menjadi peluang berbisnis yang menjanjikan.

Selain itu, bisnis ini juga mampu memberikan keuntungan melimpah asal dilakoni dengan serius dan konsisten, serta memiliki biaya perawatan yang tergolong ramah di kantong.

Lantas, bagaimana sih cara membudidayakan ikan hias ini sebagai ladang berbisnis? Bisa dilakukan oleh pemula sekalipun, simak cara budidaya ikan Koi, mulai dari pemilihan bibit sampai proses panennya, berikut ini.

Pilih Indukan Unggul

Langkah pertama dan paling krusial dalam budidaya ikan Koi adalah memilih indukan unggul, baik jantan dan betina. Sebenarnya, banyak toko ikan yang menjual indukan ikan ini. Tapi, kamu tidak boleh asal memilih karena nantinya akan berpengaruh pada kualitas anakannya untuk dijual.

Baca Juga: Terganjal Upah UMR, Yuk Putar Gajimu untuk Bangun Usaha Agar Tak Boros

Cara termudah untuk memahami indukan ikan koi dengan kualitas gen yang bagus adalah bertanya ke pecinta ikan Koi dan bergabung ke komunitasnya. Dengan begitu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan indukan unggul yang pernah menjuarai kontes ikan hias.

Selain itu, ada beberapa ciri bibit ikan Koi yang berkualitas dan layak untuk dikawinkan. 

Berikut ciri-cirinya:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini