Mengenal Apa Itu QRIS dan Fungsinya

Dian Eko Prasetio
Senin 20 Maret 2023, 18:47 WIB
Ilustrasi: QRIS adalah  Quick Response Code Indonesian Standard. (Sumber : Instagram/@qrs_ntb)

Ilustrasi: QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard. (Sumber : Instagram/@qrs_ntb)

LABVIRAL.COM - Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat semua serba canggih. Kemajuan teknologi juga membuat beberapa urusan menjadi lebih mudah.  

Berbicara tentang mempermudah kehidupan manusia, saat ini sistem pembayaran di Indonesia juga kian maju dengan teknologi. Kita tidak perlu lagi membayar dengan memberikan uang kertas atau logam, akan tetapi hanya perlu scan barcode menggunakan kamera handphone.

Tentu saja ini memudahkan kita untuk tidak perlu repot membawa uang cash atau menunggu kembalian. Adapun sistem pembayaran tersebut dikenal dengan pembayaran menggunakan QRIS

Tentu QRIS sudah tidak asing lagi ditelinga bukan? Tapi, apakah kamu tau apa itu QRIS dan apa manfaatnya?

Berikut ini Labviral.com jelaskan terkait apa itu sistem pembayaran QRIS. dan apa saja manfaatnya. Yuk disimak!

Baca Juga: Melibatkan Banyak Orang, Lirik Lagu Dia Milik Anji Ini Memiliki Sebuah Kisah Kegagalan Cinta

Kepanjangan dari QRIS adalah  Quick Response Code Indonesian Standard. Dimana QRIS merupakan sistem pembayaran yang menggunakan kode, dimana sistem kerjanya yaitu menyatukan berbagai bentuk kode QR dari penyelenggaraan sistem pembayaran (PJSP).

Adapun QR Code QRIS merupakan sebuah kode matriks dua dimensi, terdiri atas penanda tiga pola persegi pada sudut kiri bawah, sudut kiri atas dan sudut kanan atas, memiliki modul hitam berupa persegi, titik atau piksel, dan memiliki kemampuan menyimpan data alfanumerik, karakter dan simbol. 

QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), yang diperkenalkan pada bulan Agustus tahun 2019 lalu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Bisnis

Mengenal QRIS dan Cara Menggunakannya

Sabtu 18 Maret 2023, 10:26 WIB
Mengenal QRIS dan Cara Menggunakannya
Berita Terkini