Kamu Perlu Tahu, Apa Itu Investasi Reksadana dan Jenis-Jenisnya

Dian Eko Prasetio
Senin 20 Maret 2023, 20:33 WIB
Ilutrasi: Reksadana merupakan wadah atau tempat untuk berkumpulnya uang para investor,yang dikelola oleh badan hukum yang diberi nama Manajer Investasi atau MI. (Sumber : Instagram/@reksadanakucom)

Ilutrasi: Reksadana merupakan wadah atau tempat untuk berkumpulnya uang para investor,yang dikelola oleh badan hukum yang diberi nama Manajer Investasi atau MI. (Sumber : Instagram/@reksadanakucom)

LABVIRAL.COM - Investasi merupakan salah satu usaha untuk membelanjakan uang dengan bijak, selama investasi yang diikuti jelas legalitas dan jalannya. 

Adapun salah satu Investasi yang cukup populer dan dijamin keamananya yaitu Investasi Reksadana. Selain itu, Investasi Reksadana juga dianggap sebagai investasi yang baik untuk para pemula.

Tapi sebelumnya apakah kamu tahu apa itu Investasi Reksadana? Berikut ini, Labviral.com, jelaskan terkait Reksadana. Yuk disimak!

Reksadana merupakan wadah atau tempat untuk berkumpulnya uang para investor,yang dikelola oleh badan hukum yang diberi nama Manajer Investasi atau MI.

Dimana uang para Investor tersebut akan dikelola untuk diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti, saham, obligasi, dan instrumen sesuai dengan peraturan Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal.

Baca Juga: Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor Agar Awet

Investasi Reksadana terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya:

Investasi Reksadana pasar uang

Merupakan, Investasi yang dibuat bersifat hutang, dengan tempo kurang dari satu tahun. Investasi Reksadana yang satu ini memiliki resiko paling kecil, namun selaras dengan itu keuntungan dari Investasi jenis ini juga tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jenis investasi Reksadana lainnya.

Reksadana pendapatan tetap (RDPT)

Melalui RDPT sedikitnya 80% hasil aktivanya akan diinvestasikan kedalam bentuk efek hutang atau obligasi. Investasi ini memiliki resiko yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan Investasi Reksadana pasar uang.

Reksadana saham

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini