Pahami! Berikut Jenis-jenis KPR yang Ada di Indonesia

Dian Eko Prasetio
Rabu 22 Maret 2023, 17:03 WIB
Ilustrasi Rumah untuk milenial (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi Rumah untuk milenial (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - KPR merupakan produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan pembiayaan 100% dari harga rumah yang ingin dibeli. Adapun yang pada awalnya KPR merupakan pelayanan yang diberikan perbankan untuk, namun seiring berkembangnya zaman saat ini sudah banyak perusahaan jasa pembiayaan untuk kredit rumah. 

KPR sendiri, merupakan program pemerintah yang dibuat untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah. Namun uangnya masih kurang, akan tetapi orang tersebut masih bisa membayar dengan cara dicicil atau bulanan sesuai dengan penghasilannya. 

Selain itu, kamu perlu tahu KPR sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Apa saja? Berikut Labviral.com jelaskan terkait jenis-jenis KPR yang sebaiknya kamu ketahui. Yuk disimak!

KPR Subsidi

Selaras dengan namanya, KPR jenis ini merupakan KPR yang mendapatkan subsidi atau bantuan pemerintah. Saat kamu memilih KPR ini kamu akan mendapatkan beberapa keringanan seperti,  uang muka yang rendah, sampai dengan suku bunga yang rendah. 

KPR jenis ini juga hanya boleh diberikan kepada tipe rumah maksimal 36 dengan harga maksimal Rp 120 juta. Kamu bisa mendapatkan suku bunga senilai 7,25%, sudah termasuk dengan asuransi.

Baca Juga: Sempat Menempati Posisi 3 Hot 100 Lirik Lagu Bodak Yellow – Cardi B Ternyata Terinspirasi dari Rapper asal Florida Lho!

KPR Non Subsidi

KPR non subsidi disebut juga disebut sebagai KPR konvensional, selaras dengan namanya dimana KPR jenis ini tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Untuk KPR ini bungan cukup besar jika kamu terlambat membayar, tetapi KPR ini menyediakan jangka waktu pembayaran yang cukup lama yaitu sampai 25 tahun.

KPR Syariah

Sesuai dengan namanya, KPR jenis ini mengacu sesuai dengan peraturan Islam. Selain itu pada KPR jenis ini juga menggunakan sistem bagi hasil.

KPR Pembelian

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini