Wajib Waspada, Kenali 5 Tanda Red Flag Saat Wawancara Kerja

Dian Eko Prasetio
Selasa 28 Maret 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi wawancara kerja (Sumber : forbes.com)

Ilustrasi wawancara kerja (Sumber : forbes.com)

LABVIRAL.COM - Salah satu proses yang pasti dilalui oleh para pencari kerja adalah wawancara. Proses wawancara ini kadang menjadi momen penting dan bikin ketar-ketir.

Bertemu langsung dengan pihak HRD atau manajemen, pastinya pada saat inilah Anda akan punya kesempatan memberikan kesan pertama pada calon atasan Anda di kantor nantinya.

Maka dari itu, penting untuk belajar cara menghindari red flag atau tanda bahaya dalam proses interview.

Jangan sampai Anda masuk ke lingkungan bekerja yang kurang sehat. Anda sudah mempersiapkan diri, tapi ternyata kantor yang Anda tuju tak seperti yang Anda inginkan.

Inilah beberapa red flag dalam wawancara yang wajib diketahui dan hindari. Ini adalah tanda-tanda bahwa Anda bisa jadi akan masuk ke perusahaan yang lingkungan kerjanya kurang sehat.

Baca Juga: Cara Mudah Ajukan KUR Pegadaian Syariah, Berikut Syarat dan Langkahnya

1. Recruiter datang terlambat

Terlambat 1-2 menit mungkin masih bisa dimaklumi namun jika lebih dari 20 menit atau bahkan mengganti jam secara dadakan kita perlu waspada.

Ketidaktepatan perusahaan pada waktu menunjukkan bahwa perusahaan kurang profesional. Kecuali recruiter memberikan kabar terkait kendala penundaan sebelum interview di mulai.

2. Deskripsi pekerjaan tidak jelas

Recruiter seharusnya sudah memiliki kriteria tentang kandidat yang dicari. Sehingga saat calon pegawai menanyakan seputar deskripsi pekerjaan atau job desk, pihak pewawancara sudah memiliki jawaban yang jelas dan mendetail.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini