5 Cara Capai Financial Freedom di Usia Muda, Biar Gak Kerja Melulu

Dian Eko Prasetio
Rabu 29 Maret 2023, 00:17 WIB
Ilustrasi financial freedom (Sumber : Pinters.com)

Ilustrasi financial freedom (Sumber : Pinters.com)

LABVIRAL.COM - Setiap individu tentu ingin mencapai financial freedom atau kebebasan finansial secepat mungkin. Ya, Financial freedom adalah keadaan yang diimpikan oleh banyak orang.

Karena jika sudah mencapai financial freedom, kamu tak akan cemas lagi memikirkan kondisi keuangan, karena sudah memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup.

Sebelum mengetahui cara mencapai financial freedom di usia muda, kenali dulu makna financial freedom. Financial freedom bisa diartikan sebagai kemapanan finansial seorang individu.

Saat seseorang sudah mencapai kebebasan finansial ini, maka tak ada lagi kekhawatiran untuk kekurangan uang saat membeli barang-barang atau memenuhi kebutuhan yang diinginkan.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Segini Saldo Minimal BRI, BCA, BNI, BTN hingga Mandiri

Secara umum, financial freedom adalah kondisi dimana seseorang memiliki cukup simpanan, terbebas dari hutang, memiliki investasi dan uang untuk mencukupi gaya hidup yang diinginkan dalam jangka waktu relatif lama.

Saat ini, banyak pekerja atau pengusaha yang masih berusia muda, tapi sudah memiliki pendapatan yang besar. Namun, tingginya tingkat pendapatan tidak selamanya berdampak positif.

Alih-alih mencapai financial freedom yang relatif muda, banyak orang terjebak pada gaya hidup boros, kredit membengkak dan terbebani berbagai macam hutang.

Dilansir dari laman Nerd Wallet, berikut 5 cara yang untuk mencapai financial freedom di usia muda, dan mempersiapkan tabungan hari tua dengan baik, sebagaimana yang dikutip Labviral.com.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini