Menilik Keuntungan dari Peluang Usaha Bank Sampah, Cuan Nih!

Dian Eko Prasetio
Rabu 29 Maret 2023, 00:40 WIB
Ilustrasi Bank Sampah (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Bank Sampah (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Mungkin tidak banyak yang tahu kalau peluang usaha berbasis lingkungan, cukup menjanjikan. Salah satunya adalah Bank Sampah.

Secara umum, sebenarnya konsep bank sampah itu mirip dengan yang dikerjakan oleh pengepul dan juga pemulung. Namun, di bank sampah, istilah pemulung diganti dengan istilah perbankan, yaitu nasabah.

Iya, nasabah bank sampah merupakan orang-orang yang melakukan pekerjaan seperti pemulung. Mereka melakukan pemilahan, kemudian mengumpulkan sampah tersebut untuk kemudian disetor ke bank sampah.

Sampah yang disetor kemudian ditimbang dan hasilnya dikonversikan ke dalam rupiah, yang nantinya dicatat di buku tabungan nasabah. Itu adalah nilai keuntungan yang diterima oleh nasabah.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Bank Sampah, Begini Tipsnya!

Lalu, keuntungan apa yang didapat oleh pengelola Bank Sampah?

Selisih harga jual sampah

Sama seperti pengepul, pengelola bank sampah mendapat keuntungan dari selisih harga jual sampah yang ia beli dari nasabah. Prosentasenya pun bervariasi, tergantung kebijakan dari masing-masing pengelola bank sampah.

Misalnya, bank sampah yang kamu kelola, menerapkan pembagian prosentase keuntungannya adalah 80 – 20 persen dari harga jual bank sampah ke pengepul. Jadi, 80 persen untuk keuntungan nasabah, sementara 20 persennya untuk bank sampah.

Selain prosentase, model poin juga memungkinkan untuk dilakukan. Misalnya tiap berat yang ditimbang, perkilonya dihitung Rp.1. Semua itu tergantung pendekatan atau pola seperti apa yang akan dilakukan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini