Apa Beda CV dan Daftar Riwayat Hidup? Ini Jawabannya Sebelum Bikin Lamaran

Annisa Fadhilah
Rabu 10 Mei 2023, 22:44 WIB
Ilustrasi daftar riwayat hidup (Sumber : freepik)

Ilustrasi daftar riwayat hidup (Sumber : freepik)

LABVIRAL.COM - Dokumen daftar riwayat hidup atau CV (curriculum vitae) sering diminta oleh HRD atau Human Resource Development, sebagai persyaratan untuk melamar sebuah posisi di suatu perusahaan.

Namun, masih banyak yang bingung apa perbedaan daftar riwayat hidup dan CV. Lalu apa beda CV dan daftar riwayat hidup?

Terkadang, ada perusahaan hanya meminta dokumen CV, ada pula yang meminta lampiran CV dan daftar riwayat hidup bersamaan.

Baca Juga: Cara Cepat Bikin CV Online Untuk Lamaran Kerja, Kamu Cek Situs Ini

Menurut Setiawan G. Sasongko dari Buku Panduan Menulis Biografi (2020), daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi autobiografi singkat.

Sedangkan Henny Uswatun Hasanah dalam buku Business Correspondence (2017) mengatakan bahwa CV adalah dokumen berisi pengalaman profesional dan pendidikan dari pelamar kerja. CV juga berisi informasi detail dan lengkap seperti nama, tempat tanggal lahir, dan alamat tempat tinggal.

Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah perbedaan dari daftar riwayat hidup dan CV hidup agar kamu lebih paham.

Isi daftar riwayat hidup dan CV

Daftar riwayat hidup adalah dokumen berisi riwayat dari pelamar. Ketika melamar pekerjaan, pelamar biasanya harus melampirkan daftar riwayat hidup bersamaan dengan surat lamaran pekerjaan.

Sementara, CV memiliki isi berupa penjelesan rinci tentang pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan, latar belakang pendidikan, prestasi, sampai pencapaian akademis maupun non akademis sehingga CV, bisa dikirim ke beberapa perusahaan tanpa surat lamaran.

Baca Juga: Terungkap Daftar Riders Happy Asmara yang Mudah Dipenuhi, Apa Saja Ya?

Tujuan daftar riwayat hidup dan CV

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini