Apa Gelang Tridatu Boleh Dipakai oleh Selain Umat Hindu?

Sunardi
Rabu 17 Mei 2023, 20:35 WIB
Ilustrasi penggunaan gelang Tridatu. (Sumber : Twitter/@KakakMade)

Ilustrasi penggunaan gelang Tridatu. (Sumber : Twitter/@KakakMade)

LABVIRAL.COM - Akhir-akhir jagat Twitter diramaikan dengan sebuah unggahan yang mempertanyakan tentang gelang Tridatu. Gelang tridatu sendiri ini biasanya selalu dipakai oleh umat Hindu.

Diketahui bahwa gelang tersebut memang identik dengan umat Hindu. Namun, banyak yang mempertanyakan apakah gelang Tridatu boleh dipakai oleh selain umat Hindu?

Sebelum mengetahui jawaban tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui dahulu makna dari gelang Tridatu. Gelang Tridatu tersebut bukanlah sekadar gelang biasa.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Hindu Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI, Trimo.

Baca Juga: Apa Itu Tradisi Thudong, Jalan Kaki yang Dilakukan 32 Biksu Thailand Menuju Candi Borobudur?

Baca Juga: 5 Potret Aksesoris Helm Unik Driver OJol yang Super Kreatif

"Ketika seseorang memakai gelang Tridatu sebenarnya itu ada maknanya, yaitu sebagai simbol ikatan bahwa dalam kehidupan itu ada lahir, ada hidup, dan ada mati. Kalau dalam ajaran Hindu ketiga hal itu disebut dengan Tri Kona," kata Trimo kepada wartawan, Senin (15/5/2023).

Diketahui, Tri Kona sendiri merupakan salah satu ajaran dalam konsep agama Hindu, yakni tiga alur proses kehidupan manusia yang terdiri dari utpati (lahir), stiti (hidup), dan pralina (mati).

Tak hanya itu saja, gelang Tridatu juga melambangkan kesucian Tuhan dalam manifestasi sebagai Brahma (pencipta), Wisnu (pemelihara), dan Dewa Siwa (pelebur).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini