Rahasia Umur Panjang Burung Beo, Termasuk karena Menjadi Burung Pintar

Aci
Kamis 18 Mei 2023, 15:14 WIB
Rahasia umur panjang burung beo (Sumber : Burung Beo/istockphoto.com)

Rahasia umur panjang burung beo (Sumber : Burung Beo/istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung beo termasuk burung berumur panjang loh. Lalu berapa usia rata-rata burung beo dan apa rahasia umur panjangnya?

Ya, burung beo  merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer di kalangan pecinta burung.

Burung beo dikenal memiliki keistimewaan, dimana satwa yang satu ini dapat meniru suara manusia.

Hal tersebut membuat burung beo kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tak jarang juga diikutsertakan untuk lomba atau kontes burung lho!

Selain itu, perlu kamu tahu bahwa burung beo merupakan salah satu hewan yang memiliki umur cukup panjang. 

Baca Juga: Berapa Lama Usia Burung Beo, Termasuk Burung Panjang Umur Loh!

Burung beo hidup rata-rata 15 sampai 50 tahun, dan terkadang lebih lama. Jumlah waktu hidup burung beo sangat tergantung pada spesiesnya, tingkat perawatan dan kesehatan secara keseluruhan. 

Bahkan terdapat spesies burung beo yang mampu hidup selama 80 tahun lebih, lho! Sebenarnya apa sih yang membuat burung beo berumur panjang? 

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences pada Maret 2022, peneliti mengungkapkan kenapa beo berumur panjang.

Dijelaskan pemimpin studi sekaligus ahli ekologi evolusi di Max Planck Institute of Animal Behavior di Radolfzell, Jerman, Simeon Smile bahwa beo bisa berumur panjang karena kecerdasan mereka.

Baca Juga: 5 Fakta Burung Beo, Termasuk Hewan Setia Lho!

Para peneliti juga mencatat, burung beo dapat hidup lebih lama dibandingkan jenis burung lainnya.

Misalnya, burung robin Amerika (Turdus migratorius) rata-rata hidup sekitar dua tahun.

Dalam studi tersebut, para peneliti bekerja sama dengan organisasi nirlaba konservasi satwa liar, Species360, untuk mengumpulkan data dari lebih dari 130.000 burung beo individual di lebih dari 1.000 kebun binatang di seluruh dunia.

Data tersebut membantu mereka menghasilkan perkiraan yang signifikan terkait rentang hidup rata-rata 217 spesies burung beo, yang mewakili lebih dari setengah spesies yang diketahui ada di dunia.

Baca Juga: Cara Agar Burung Beo Tidak Stres, Ini Tips Bermain dengan Burung Beo yang Suka Mainan Kunyah

Tim peneliti menemukan bahwa burung beo ara (Cyclopsitta dan Psittaculirostris), dapat hidup selama 20 tahun. Sementara, macaw merah (Ara macao) bisa hidup hingga 30 tahun.

Spesies berumur panjang lainnya termasuk kakatua jambul belerang (Cacatua galerita) dari Australia, yang hidup rata-rata selama 25 tahun.

Memiliki otak yang relatif besar diduga menjadi alasan mengapa burung beo bisa berumur panjang.

Hal ini mengartikan, burung tersebut adalah hewan cerdas yang dapat memecahkan masalah di alam liar dengan lebih baik, sehingga membantu mereka menjalani hidup lebih lama.

Di sisi lain, penelitian sebelumnya menunjukkan temuan serupa bahwa umur panjang terkait dengan ukuran otak pada berbagai hewan.

Baca Juga: Tips Memelihara dan Membersihkan Kandang Burung Beo

Kondisi ini mungkin dikarenakan otak yang lebih besar membantu mereka menemukan makanan, atau melarikan diri dari ancaman.

Di masa depan, para ilmuwan juga ingin melihat apakah burung beo yang hidup bersosial memiliki otak lebih besar dan hidup lebih lama.

“Kami berpikir bahwa spesies yang hidup dalam kelompok yang kompleks dapat mempelajari banyak keterampilan, seperti bagaimana mencari makan, bagaimana menjadi dominan dan seterusnya. Tapi studi ini akan membutuhkan waktu yang lama,” pungkas Smeele.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini