Lirik Lagu Daerah Bolelebo dari Nusa Tenggara Timur Menceritakan Betapa Indahnya Kampung Halaman

Andi Syafriadi
Rabu 24 Mei 2023, 10:56 WIB
Lirik Lagu Daerah Bolelebo dari Nusa Tenggara Timur yang Menceritakan Betapa Indahnya Kampung Halaman (Sumber : Pinterest)

Lirik Lagu Daerah Bolelebo dari Nusa Tenggara Timur yang Menceritakan Betapa Indahnya Kampung Halaman (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Lagu Bolelebo adalah salah satu nyanyian yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Liriknya digubah dengan menggunakan Bahasa Rote yang menjadi bahasa daerah masyarakat Pulau Rote yang masuk wilayah Kabupaten Rote Ndao dan masyarakat di NTT pada umumnya.

Seperti yang diketahui lagu Bolelebo umumnya dibawakan dalam bentuk solo vokal dan paduan suara. Pencipta lagu Bolelebo adalah Cornelis Frans.

Warga Rote menggunakan kata "bolelebo" dengan tidak memiliki arti menurut Bahasa Rote atau Bahasa Indonesia. Hanya saja, "bolelebo" merupakan kata tidak baku (prokem) yang didefinisikan menurut Bahasa Kupang sebagai "bae sonde bae tanah Timor lebe bae".

Baca Juga: Lirik Lagu 'Mengertilah Kasih' yang Dibawakan Afgan, Lagu Milik Legenda Diva Ruth Sahanaya Gaes!

Arti penggalan lirik tersebut yaitu "baik tidak baik, Tanah Timor lebih baik'. Senada dengan makna kebanggaan atas Tanah Timur tersebut, lirik dalam lagu Bolelebo bercerita mengenai kerinduan perantau mengenai kampung halamannya.

Kendati tidak sedang berada di tanah kelahirannya seperti untuk merantau, mereka akan selalu merindukannya. Kampung halaman tetaplah yang terbaik bagi masyarakat NTT.

Tidak hanya itu, lagu ini juga menyampaikan tentang keindahan daerah NTT. Keindahan itu selalu akan teringat di tempat mana pun kaki berpijak. Oleh sebab itu, di balik sederhananya lirik lagu Bolelebo terdapat makna mendalam bagi masyarakat NTT.

Baca Juga: Lirik Lagu Daylight Milik Taylor Swift Bercerita Mengenai Hadirnya Sang Kekasih yang Mampu Mewarnai Hidup

Berikut Lirik lagu Bolelebo

Bolelebo ita nusa lelebo
Bolelebo ita nusa lelebo

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini