Fakta Menarik dari Kaki dan Sayap Burung Unta, Fungsinya Berbeda dari Burung pada Umumnya

Aci
Rabu 31 Mei 2023, 08:36 WIB
Fakta Menarik dari Kaki dan Sayap Burung Unta, Fungsinya Berbeda dari Burung pada Umumnya (Sumber : Istockphoto.com)

Fakta Menarik dari Kaki dan Sayap Burung Unta, Fungsinya Berbeda dari Burung pada Umumnya (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung unta merupakan burung yang berasal dari sabana dan bagian gurun Afrika utara dan selatan zona hutan khatulistiwa.

Burung unta termasuk jenis binatang herbivora yang hidup secara berkelompok dan sangat menyukai air, tapi juga dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang relatif lama tanpa air.

Baca Juga: Bukan Cuma Biji Bijian Aja! Ini Rekomendasi Makanan Burung Kakatua yang Paling Baik, Kakatua Bisa Kena Serangan Jantung Loh

Burung unta merupakan burung terbesar di dunia, yang dapat mencapai tinggi 2,8 meter dengan bobot hingga 156,8 kilogram dan memiliki sayap yang lebarnya mencapai 1,8 m.

Namun perlu kamu ketahui, meskipun mempunyai sayap dan termasuk dalam keluarga burung, burung unta ternyata tidak memiliki kemampuan untuk terbang lho!

Hal tersebut dikarenakan bobot tubuhnya yang cukup berat sehingga tidak memungkinkan untuknya terbang tinggi. Meski tidak bisa terbang, burung unta bisa berlari dengan begitu cepatnya.

Baca Juga: Sama-sama Burung Cerdas, Ini Perbedaan Kakatua dan Beo

Ia miliki kaki yang panjang, sehingga mampu berlari dengan begitu cepat hingga 64 km per jam. 

Selain itu, burung unta dikenal sebagai burung yang kuat dan memiliki keunikan tersendiri. Perlu kamu ketahui bahwa terdapat fakta menarik dari kaki dan sayap burung unta ini.

Fakta kaki burung unta

Kalau umumnya burung memiliki empat jari di kakinya, lain halnya dengan burung unta. Burung ini hanya memiliki dua jari di kakinya (satu jari besar dan satu jari kecil). 

Baca Juga: Mengenal Burung Kakatua, yang Namanya Berasal Dari Abad ke-17

Namun dengan dua jarinya tersebut, burung unta memiliki tendangan mematikan yang bisa melumpuhkan musuh termasuk predator terkuat seperti singa sekalipun.

Kaki burung unta menjadi alat pertahanan paling utama. Saat berlari, burung unta menggunakan jari besarnya sebagai tumpuan.

Fakta sayap burung unta

Fakta menarik dari sayap burung unta meskipun tidak digunakan untuk terbang seperti burung pada umumnya, namun sayap burung unta menjadi salah satu bagian yang penting untuk burung unta bertahan hidup.

Baca Juga: Rahasia di Balik Bulu Cantik si Burung Merak

Dimana sayapnya berguna untuk menentukan arah dan menjaga keseimbangan saat berlari. Selain itu, sayap burung unta juga bisa dijadikan payung untuk melindungi anak-anaknya dari panas dan hujan.

Nah, itu dia fakta menarik dari kaki dan sayap burung unta. Menarik! Meskipun berbeda dari burung pada umumnya, namun ternyata sangat berguna bahkan bisa melumpuhkan musuh. Semoga bermanfaat ya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini