Keunikan Burung Unta, Sayapnya Tidak Untuk Terbang

Aci
Selasa 30 Mei 2023, 23:24 WIB
Keunikan burung unta (Sumber : Istockphoto.com)

Keunikan burung unta (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung unta merupakan burung terbesar di dunia,  mereka dapat mencapai tinggi 2,8 meter dengan bobot hingga 156,8 kilogram. Burung unta berasal dari sabana dan bagian gurun Afrika di utara dan selatan zona hutan khatulistiwa.

Burung unta termasuk jenis binatang herbivora, mereka hidup secara berkelompok dan sangat menyukai air, tetapi juga dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang relatif lama tanpa air.

Baca Juga: Bukan Cuma Biji Bijian Aja! Ini Rekomendasi Makanan Burung Kakatua yang Paling Baik, Kakatua Bisa Kena Serangan Jantung Loh

Habitat burung unta umumnya berada di daerah kering atau berpasir di Afrika Tengah dan Afrika Selatan. Daerah Sabana atau padang padang rumput. Burung unta jantan berwarna hitam dan putih, sedangkan betina berwarna coklat ke abu-abuan.

Burung unta juga dikenal memiliki beberapa keunikan, berikut labviral.com rangkumkan keunikan dari burung unta. Yuk disimak!

Baca Juga: Sama-sama Burung Cerdas, Ini Perbedaan Kakatua dan Beo

  • Burung unta memiliki kemampuan lari yang begitu hebat. Mereka bisa berlari dengan kecepatan kurang lebih 70 km / jam dengan sekali melompat dapat mencapai hingga 5 meter.
  • Sayap burung unta tidak digunakan untuk terbang, melainkan untuk untuk mengubah arah pada waktu berlari.
  • Burung ini juga bisa hidup dengan jumlah kelompok yang banyak dari 10 burung sampai dengan 50 burung pada satu kelompok.
  • Kemudian juga memiliki kemampuan menyembunyikan kepala di dalam tanah untuk melindungi dirinya dari musuh.
  • Burung unta hanya memiliki 2 kuku saja, berbeda dengan kuku yang dimiliki oleh burung lain yang berjumlah 4 kuku.
  • Saat ini burung unta dapat dikembangkan menjadi wisata, yang mana burung unta ini bisa menjadi arena pacuan burung unta yang dapat menarik para wisatawan.
  • Burung unta mempunyai kaki besar yang berfungsi untuk menendang musuh bahkan untuk menendang manusia yang mengusiknya, hanya saja pada umumnya burung unta memilih berlari menghindari musuh.
  • Pada waktu dalam musim kawin, burung unta biasanya memilih hidup dengan kelompok dengan 1 kelompok pada umumnya diisi 50 ekor burung unta.
  • Kemudian pada waktu musim dingin atau saat paceklik, burung unta memilih menghabiskan waktu bersama sama dengan pasangannya.

Baca Juga: Mengenal Burung Kakatua, yang Namanya Berasal Dari Abad ke-17

Nah, itu dia beberapa keunikan yang dimiliki burung unta. Yang tidak dimiliki burung lainnya. Semoga bermanfaat!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini