EXO-CBX Sudah 7 Kali Minta Transparansi Pembayaran Upah, Tetapi SM Entertainment Tak Kunjung Berikan

Annisa Fadhilah
Kamis 01 Juni 2023, 12:18 WIB
EXO-CBX (Sumber : Star news)

EXO-CBX (Sumber : Star news)

LABVIRAL.COM - Tiga member boy band korea EXO, Chen, Baekhyun, dan Xiumin yang juga dikenal dengan sub unit EXO-CBX, dikabarkan sudah meminta transparansi pembayaran upah selama 7 kali, tetapi tidak ditanggapi SM Entertainment.

"Para artis sebelumnya mengirimkan protes ke SM sebanyak tujuh kali melalui perwakilan hukum mereka dari tanggal 21 Maret hingga saat ini, tentang data rincian gaji yang mereka dapat secara transparan ujar Pengacara EXO-CBX Lee Jae Hak, dikutip dari Star News, pada Kamis (1/6/2023).

Baca Juga: Profil dan Fakta-fakta Menarik Suho EXO yang Kini Injak Usia 32 Tahun

Menurut Lee Jae Hak, permintaan transparasi upah merupakan hak bagi artis dibawah naungan agensi

"Merupakan hak yang paling dasar bagi artis untuk meminta alasan penyelesaian yang akurat dan transparansi Gaji untuk penyelesaian yang tidak jelas di masa lalu, dan SM juga berkewajiban untuk mematuhinya sesuai dengan kontrak eksklusif dam Undang-Undang Industri Seni dan Budaya Populer Pengembangan Namun, SM entertainment mempertahankan posisi yang tidak adil dan tidak dapat memberikan salinan data rincian gaji," katanya.

Baca Juga: EXO-CBX Tidak Lanjutkan Kontrak Di SM Entertainment, Minta Transparansi Pembayaran

Selain itu, kata Lee Jae Hak, SM entertainment meminta EXO-CBX menandatangani kontrak jangka panjang dengan artis mereka setidaknya 17 tahun atau lebih dari 18 tahun.

EXO-CBX pernah menandatangani kontrak eksklusif dari awal debut, dengan durasi penambahan kontrak 5-6 tahun lagi.

"SM entertainment memaksa artis untuk menandatangani apa yang disebut kontrak budak jika melanjutkan kontrak tersebut, berdasarkan posisi superior mereka, sebenanrnya sudah menjalani kontrak selama 20 tahun, termasuk periode menjadi trainee yang tidak sedikit," pungkas Lee Jae Hak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini