Mengenal Burung Walet, Habitat, Pakan dan Ciri Fisik Sampai dengan Karakter

Aci
Sabtu 03 Juni 2023, 15:00 WIB
Mengenal burun Walet (Sumber : Istockphoto.com)

Mengenal burun Walet (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung walet merupakan salah satu burung yang banyak diminati masyarakat, namun perlu diketahui burung walet dipelihara bukan untuk karena keindahan fisiknya maupun suaranya melainkan karena sarangnya.

Sarang burung walet dapat dikonsumsi dan terkenal dengan beragam manfaatnya, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan. Oleh sebab itu burung walet dijadikan ternak sebagai ladang usaha.

Untuk lebih mengenal burung walet berikut Labviral.com jelaskan mulai dari habitat, pakan sampai dengan karakter. Yuk disimak!

Habitat

Burung walet memiliki nama dalam bahasa latin Collocalia vestita, burun satu ini merupakan burung yang hanya bisa ditemui di daerah Asia Tenggara. 

Hal tersebut dikarenakan burung walet hanya bisa tumbuh dan berkembang di daerah dengan iklim tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Jadi, akan sulit untuk bisa menemui burung walet terbang bebas di benua Eropa. 

Pada umumnya burung walet tinggal berkelompok mereka suka membuat sarang atau tempat tinggal di tempat Burung walet hidup di pantai serta daerah permukiman, menghuni gua yang lembab atau ruang besar yang lembab.

Ciri Fisik

Burung walet memiliki ciri fisik bentuk sayap runcing, berekor panjang, berwarna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat. 

Pakan 

Untuk makanan umumnya, pakan terbaik untuk anakan burung walet terbuat dari rayap kumbang, serangga seperti nyamuk, semut, serabut dedaunan hingga larva serangga.

Karakter

Burung walet juga dikenal sebagai burung yang suka terhadap kebersihan, sebab ia tidak akan membuang kotorannya di dalam kandang atau tempat tinggal mereka.

Mereka akan membuang kotoran mereka jauh dari kandang atau sarang tempat mereka beristirahat.

Untuk mengenali burung walet, sobat viral juga bisa mendeteksinya melalui suara. Burung walet memiliki suara yang kencang dan sangat cerewet.

Tidak heran banyak orang yang terganggu oleh kicauannya. Namun, bagi orang yang tengah mencari burung ini, mendengar suara kencangnya tentu menjadi pertanda baik.

Nah, itu dia sekila tentang burung kecil penghasil cuan. Yaitu burung walet semoga bermanfaat ya.**

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini