Apa Itu Upacara Tumpek Landep yang Dikaitkan dengan Peralatan dari Besi?

Sunardi
Minggu 04 Juni 2023, 15:15 WIB
Polsek Padangbai yang melaksanakan persembahyangan di Hari Suci Tumpek Landep. (Sumber : Twitter/@p_padangbai)

Polsek Padangbai yang melaksanakan persembahyangan di Hari Suci Tumpek Landep. (Sumber : Twitter/@p_padangbai)

LABVIRAL.COM - Pulau Dewata Bali memang menyimpan berbagai macam kebudayaan yang kaya. Salah satunya adalah upacara Tumpek Landep. Upacara satu ini menjadi salah satu ritus yang dilakukan sebagai salah satu hari keagaam masyarakat Hindu di Bali.

Jika ditelusuri secara etimologi, Tumpek Landep berasal dari dua kata, yakni tumpek dan landep. Kata tumpek berasal dari Jawa Kuno "tampa" yang berarti turun. Sumber lain menyebut bahwa tumpek berasal dari kata "metu" yang berarti pertemuan dan "mpek" berarti akhir.

Tumpek diartikan sebagai sebuah pertemuan akhir antara Panca Wara Kliwon dengan Sapta Wara Sabtu. Sementara itu, landep merupakan salah satu pawukon di Bali yang diartikan sebagai runcing atau tajam. Di dalam bahasa Jawa sendiri, landep diartikan demikian.

Dalam hal pelaksanaannya, segala sesuatu yang runcing dan tajam akan diupacarai. Seperti keris, pisau, dan perakas lainnya yang berguna di kehidupan sehari-hari.

Keberadaan Hari Suci Tumpek Landep selalu dirayakan tiap enam bulan sekali atau 2010 hari. Biasanya hari perayaan jatuh pada saniscara (Sabtu) Kliwon wuku landep. Pada tahun 2023 ini, Tumpek Landep jatuh pada hari Sabtu (3/6/2023) kemarin, dan Sabtu (30/12/2023) mendatang.

Baca Juga: Sebut Ada Banyak yang Mengincar, Dokter Wayan Akan Lakukan Upacara Pembersihan Diri di Bali

Baca Juga: Kangen Masa Upacara Bendera di Sekolah? Berikut Lirik Lagu Mengheningkan Cipta Karya Truno Prawit Truno

Penentuan hari Tumpek Landep ini dimuat dalam lontar Sundarigama yang berbunyi, "kunang ring wara landep, saniscara kliwon, pujawaing bhatara siwa, mwah yoga nira sang hyang pasupati."

Upacara Tumpek Landep adalah perwujudan bhakti kepada Sang Hyang Siwa Pasupati yang merupakan dewanya taksi dan senjata menurut kepercayaan umat Hindy di Bali.


Awal Mula Tumpek Landep

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini