4 Jenis Burung Kutilang Terpopuler di Kalangan Pecinta Burung

Aci
Kamis 08 Juni 2023, 14:18 WIB
Jenis burung kutilang (Sumber : Istockphoto.com)

Jenis burung kutilang (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Ketilang, burung kutilang atau yang dikenal juga cucak kutilang merupakan salah satu jenis burung pengicau (passerine). 

Burung kutilang memiliki nama ilmiah Pycnonotus aurigaster, sedangkan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Sooty-headed Bulbul.

Burung kutilang cukup populer di masyarakat karena populasinya yang besar juga berkat suara yang merdu, kutilang kerap kali dijadikan peliharaan untuk diikutsertakan dalam kontes.

Baca Juga: Mengenal Burung Kutilang, dari Ciri Khas, Habitat Sampai Keunikannya yang Senang Berjemur dan Mandi Embun Pagi

Di Indonesia terdapat beberapa jenis burung kutilang, namun hanya terdapat beberapa jenis yang paling sering sering diikutsertakan dalam kontes karena suaranya yang indah selain itu jenis ini juga cocok untuk dipelihara. Adapun berikut daftarnya:

Burung kutilang emas 

Di Kalangan pecinta burung, burung kutilang emas pastinya sudah tak asing di telinga sebab ia aktif diikutsertakan dalam lomba. Pasalnya, hewan yang didominasi oleh warna kuning ini mempunyai suara yang sangat merdu.

Burung kutilang jambul

Sesuai dengan namanya jenis yang satu ini memiliki jambul di kepalanya, kutilang jambul berasal dari Thailand.

Baca Juga: Mari Pelajari Jenis Jenis Burung Kutilang Berdasarkan Peta Persebarannya, dengan Sebutan Masing-masing Daerah

Burung pemakan serangga ini sangat mudah untuk dipelihara. Saat dipelihara, mereka bisa tumbuh hingga kurang lebih 20 sentimeter

Burung kutilang sutra

Jenis yang satu ini rasanya menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin ikut lomba burung kicau, Di kalangan pecinta burung, kutilang ini terkenal akan suaranya yang merdu dan kerap memenangkan perlombaan.

Burung kutilang wilis

Kutilang wilis merupakan jenis burung kutilang yang paling indah sebab jika dibanding jenis kutilang lainnya, kutilang wilis adalah burung yang punya corak warna paling indah.

Baca Juga: Mengenal Arti Suara Merdu Burung Kutilang! Bukan untuk Pamer Kicau, tapi Bisa Jadi Pemberi Sinyal Tanda Bahaya

Nah, itu dia 4 jenis burung kutilang yang menjadi pilihan favorit para pecinta burung untuk dijadikan peliharaan. Semoga bermanfaat ya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini