Profil Nani Wijaya, Aktris yang Konsisten Berkarya hingga Raih Penghargaan Lifetime Achievement

Aprilia
Kamis 16 Maret 2023, 09:45 WIB
Naniwijaya (Sumber : Instagram.com/cahyakamila88/)

Naniwijaya (Sumber : Instagram.com/cahyakamila88/)

LABVIRAL.COM - Nani WIjaya lahir di Cirebon, 10 November 1944. Ia mulai aktif debut layar lebar tahun 1958. Sejak usia belia, ia bermain film meski baru mendapat pemeran pembantu atau pendukung.

Setelah lulus SMA, Nani Wijaya remaja terus melanjutkan pendidikannya. Ia diterima di dua jurusan di Universitas Indonesia, yaitu Antropologi dan Kriminologi. Akhirnya Nani Wijaya memilih jurusan Kriminologi sesuai dengan minatnya sembari terus mengasah kemampuan di bidang akting.

Tahun 1960 hingga 1990-an merupakan masa kejayaanya, di mana puluhan film berhasil dibintanginya. Ia mendapat penghargaan pertamanya saat usia 34 tahun yaitu Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia atas film Yang Muda Yang Bercinta.

nani terimapenghargaan

Tahun 1969 Nani Wijaya menikah dengan Misbach Yusa Biran, seorang produser film dan dikaruniai 6 anak. Misbach telah tutup usia di tahun 2012 silam. Lima tahun Setelah kematian sang suami, Nani menikah lagi dengan seniman Ajib Rosidi. Nani kembali ditinggal oleh sang suami pada 2020.

Hingga era 2000-an ia tetap eksis berkarya, dengan membintangi sinetron dan beberapa film. Nani Wijaya mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award dari Festival Film Bandung tahun 2010 dan Indonesian Drama Seri Awards (IDSA) 2022 .

Nani Wijaya mengembuskan nafas terakhir di RS Fatmawati, Kamis (16/3) dini hari. Kabar kematiannya disampaikan langsung oleh sang anak, Cahya Kamila melalui sosial media pribadinya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkini