Mengenal Platform Rapor Pendidikan, Cara Akses Hingga Cara Mengaktifkan Akun Belajar

Aci
Minggu 02 Juli 2023, 11:45 WIB
Repor pendidikan (Sumber : Instagram.com/@eraporsmpofficial)

Repor pendidikan (Sumber : Instagram.com/@eraporsmpofficial)

LABVIRAL.COM - Di era teknologi yang semakin canggih, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia meluncurkan pangkalan data terbaru yaitu Rapor Pendidikan. Mengutip dari Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia, ini merupakan platform penyedia data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Penyempurnaan rapor mutu menjadi rapor pendidikan akan membuat para satuan pendidik dapat melihat hasil Asesmen Nasional atau ANBK yang sudah dilakukan. Rapor Pendidikan merupakan sebuah platform yang disediakan dalam mengaplikasikan Kurikulum Merdeka.

Dalam sistem ini, data dihadirkan dari berbagai asesmen dan survei nasional. Pembuatan Rapor Pendidikan didasari oleh Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Baca Juga: Viral, Cara Ibu Tanggapi Nilai Rapor Anaknya yang Dapat Peringkat 27 Ini Banjir Pujian

Kemudian diturunkan menjadi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan.

Dengan pembaruan platform tersebut, hadirnya Rapor Pendidikan membuat para satuan pendidik tidak perlu memasukkan data secara manual lagi ke dalam sistem.

Lantas bagaimana dengan sistem pangkalan data Rapor pendidikan? Berikut Labviral.com jelaskan singkat terkait Rapor Pendidikan mulai dari manfaat sampai dengan cara mengaksesnya. Yuk disimak!

Yang bisa mengakses rapor pendidikan

Hal pertama yang perlu kamu ketahui yaitu siapa saja yang bisa mengakses raport pendidikan?

Mengingat data yang berada di dalam rapor pendidikan merupakan hasil asesmen dan data dari survei nasional, makan platform ini hanya akan mengizinkan kepala operator dan satuan pendidikan atau pejabat yang dipilih.
Sampai saat ini, satuan pendidikan dan kantor wilayah di bawah Kementerian Agama RI dan Satuan Pendidikan Satu Atap (SLB Satu Atap dan PKBM Satu Atap) belum dapat mengakses Rapor Pendidikan. Namun, nantinya laman ini dapat diakses oleh seluruh tenaga pendidik.

Manfaat dan Keuntungan Rapor Pendidikan

Melansir dari Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia, hadirnya Rapor Pendidikan sebagai pelengkap dari rapor mutu, tentu saja memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.
  • Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional.
    Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi.
  • Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal.
  • Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).
    Platform penyajian data yang terpusat sehingga satuan pendidikan tidak perlu menggunakan berbagai aplikasi, jadi diharapkan dapat meringankan beban administrasi.

Cara akses rapor pendidikan

Untuk bisa mengakses rapor pendidikan, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id
    Klik tombol “Masuk sebagai Satuan/Dinas Pendidikan”
  • setelah di halaman tersebut kamu bisa masuk dengan akun Google dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.jenjang.belajar.id
    Masukkan kata sandi

Cara mendapatkan dan mengaktifkan akun Belajar.id:

Sebelumnya kamu perlu tahu, bahwa terdapat 2 jenis Akun Belajar.id, diantaranya yang pertama yaitu rapor pendidikan yaitu milik satuan pendidikan (kepala sekolah) sedangkan yang satunya yaitu rapor pendidikan milik dinas pendidikan daerah.

Untuk mendapatkan Akun Belajar.id milik satuan pendidikan (kepala sekolah), dapat mengunjungi laman pusat informasi belajar Kemendikbud khusus satuan pendidikan.

Untuk mendapatkan Akun Belajar.id milik dinas pendidikan daerah, dapat mengunjungi laman pusat informasi belajar Kemendikbud khusus dinas pendidikan.

Untuk mengaktifkan Akun Belajar.id, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman https://mail.google.com/
  • kemduian masuk atau log in menggunakan nama akun (User ID) dan kata sandi (password)
  • setelah itu setujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran
    Lakukan penggantian kata sandi (password) Akun Belajar.id

Cara mengunduh data di rapor pendidikan

Setelah kamu berhasil masuk dan menemukan data yang kamu inginkan, kamu bisa mengunduhnya secara detail melalui cara berikut ini:

  • Klik menu “Unduh” pada bagian atas laman
  • Pilih tahun di mana data disajikan
  • Pilih Unduh, lalu pilih pada folder unduhan di perangkat
  • Pilih kembali berkas Excel yang berhasil terunduh

Nah, itu dia informasi seputar rapor pendidikan sebagai platform rapor mutu. Semoga kamu memahaminya dan semoga bermanfaat ya. See u!(**)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini