Daftar Harga Burung Murai Batu, Simak Ragam Jenis dan Juga Tips Merawatnya

Aci
Selasa 04 Juli 2023, 17:39 WIB
Burung murai batu jantan dan betina

Burung murai batu jantan dan betina

LABVIRAL.COM - Burung murai batu memiliki pesona yang cukup menarik, suara yang indah dan bervariasi menjadi nilai tersendiri untuk burung kicau satu ini. Tak heran jika banyak orang yang memilih untuk memelihara burung yang satu ini. Baik sebagai hobi ataupun sebagai ladang bisnis. Kontes

Terlebih kicau burung memang menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan bagi sebagian orang, khususnya para pecinta burung kicau. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis burung kicau yang sering diikutsertakan dalam kontes atau perlombaan burung.

Tak terkecuali burung murai batu, burung kicau satu ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan bervariasi. Burung kicau murai batu sendiri memiliki banyak spesies, namun beberapa menjadi unggul karena dianggap memiliki variasi suara yang lebih banyak.

Adapun diantaranya burung murai yang memiliki banyak variasi suara dan banyak dicari yaitu burung murai batu medan, burung murai batu aceh dan burung murai batu nias.

Ketiga burung batu tersebut memiliki cirinya tersendiri, berikut ini Labviral.com sebutkan ciri-cirinya. Yuk disimak agar kamu tidak salah untuk mengenali ketiganya!

Baca Juga: Yuk Ketahui Perbedaan Burung Murai Batu Betina dan Jantan

Ciri burung murai batu

Ciri Burung Murai Batu Medan

  • Ekor burung murai batu medan memiliki panjang antara 27-35 cm.
    Murai batu medan memiliki warna hitam legam tapi terlihat mengkilap. Saat terkena sinar matahari, warna bulunya nampak kebiru-biruan.
  • kaki murai batu medan muda berwarna merah gelap sedangkan murai batu medan dewasa pada bagian kakinya mempunyai sisik dan lekukan seperti buah belimbing.
  • Burung murai batu medan memiliki bobot tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan murai batu lainnya.

Ciri Burung Murai Batu Aceh

  • Burung murai batu aceh memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar atau lebih mungil. Ekor burung murai batu aceh hampir sama dengan murai batu medan yaitu berkisar 19-30 cm.
  • Memiliki variasi suara yang sangat banyak dan ngeroll. Tak jarang, suara jenis Murai Batu Aceh terdengar seperti suara tembakan dan besetan yang menyayat.

Ciri Burung Murai Batu Nias

  • Burung murai batu nias memiliki postur tubuh relatif kecil.
  • Bulu utama ekor tidak berwarna putih melainkan hitam (blacktail).
  • Panjang bulu ekor sekitar 17-20 cm dan berwarna hitam pekat.
  • Untuk suara, murai batu nias memiliki volume suara yang keras.
  • Mampu meniru suara jenis Murai Batu lain lebih cepat.
  • Tidak mudah stress dan cepat beradaptasi.

Nah, itu dia 3 jenis burung murai batu yang paling banyak dicari karena memiliki variasi suara yang cukup banyak. Perlu kamu ketahui saat ini burung murai batu mean, nias yang asli cukup sulit didapat.

Baca Juga: Yuk Ketahui Perbedaan Burung Murai Batu Betina dan Jantan

Adapun yang biasa diperjualbelikan di pasaran merupakan hasil perkawinan silang dengan murai batu lainnya. Untuk itu saat kamu memiliki burung yang aslinya, sebaiknya mulai kamu rawat dengan sebaik mungkin, dan perlu kamu kembangbiakan agar tidak punah.

Berikut ini tips merawat burung murai batu, agar burung sehat dan memiliki suara yang lantang dan juga merdu.

Tips merawat

Menjaga Kebersihan


Kebersihan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, baik dari kebersihan burung itu sendiri maupun tempat tinggal si burung.

Kamu harus membuat jadwal untuk membersihkan kandang maupun si burung murai batu itu sendiri. Hal tersebut dilakukan agar burung murai batu mau jauh dari penyakit dan juga merasa nyaman dengan kandangnya.

Gunakan Obat Anti Kutu

Penyakit yang paling umum menyerang burung yaitu kutu, dan jamur. Burung yang terserang kutu bisa menjadi cacat sampai dengan kematian. untuk itu, kamu perlu memberikan obat anti kutu.

Penjemuran

Menjemur burung merupakan kegiatan yang harus sering dilakukan. Sebab, penjemuran akan sangat bermanfaat bagi kesehatan burung murai batu medan.

Selain itu penjemuran juga akan membuat burung murai mu jadi lebih gacor, meningkatkan birahi, hingga memenuhi kebutuhan vitamin D si burung.

Namun, perlu kamu ingat! Untuk menjemur burung murai tidak boleh sesuka hati, kamu disarankan untuk menjemur burung murai batu mu pada waktu matahari terbit atau ketika menjelang matahari terbenam.

Jangan jemur burung murai di tengah terik dan langsung terpapar matahari, karena itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan, di mana murai bisa dehidrasi.

Berikan Makanan dan Minuman Sehat

Untuk makan dan minum burung murai batu tidak boleh sembarangan. Berikan minum air bersih, jangan beri minum air kran atau air kolam, minuman yang sehat baik untuk menjaga kicau merdu dari burung murai.

Beri makan burung murai secara teratur yaitu, pagi dan sore setelah dimandikan. Setelah itu kamu bisa memberikan 5 ekor jangkrik sebagai extra fooding (EF).

Baca Juga: Burung Murai Batu Medan Ternyata Bukan Burung Asli Medan

Berikan Vitamin

Untuk menjaga kesehatan dan kicaunya yang indah, Vitamin merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kesehatan burung murai biasanya akan terganggu jika kekurangan vitamin tertentu.


Setelah mengetahui jenis dan tips merawat burung murai batu, berikut ini Labvira.com juga siapkan daftar harga burung murai batu terbaru. Yuk disimak!

Daftar Harga

NO. JENIS MURAI HARGA


1. Murai Batu Air 250.000
2. Murai Batu Medan Hutan (Dewasa) 1.400.000
3. Murai Batu Kalimantan (Borneo) 750.000
4. Murai Batu Medan Hutan (Trotolan Jantan) 2.200.000
5. Murai Batu Nias Hutan Ekor Hitam (Dewasa) 1.300.000
6. Murai Batu Aceh Hutan (Trotolan Jantan) 2.350.000
7. Murai Batu Aceh Hutan (Dewasa) 1.600.000
8. Murai Batu Nias Ekor Hitam (Trotolan) 1.550.000
9. Murai Batu Nias (Trotolan) 1.300.000
10. Murai Batu Sudah Jadi 3.000.000

Nah, itu dia informasi mengenai burung murai baru mulai dari jenis, tips merawat sampai dengan daftar harganya. Semoga bermanfaat ya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini