5 Jenis Vitamin B untuk Program Hamil yang Bantu Tingkatkan Keberhasilan

Aprilia
Jumat 14 Juli 2023, 16:24 WIB
Program hamil (freepik.com/)

Program hamil (freepik.com/)

LABVIRAL.COM - Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan pasangan yang tengah menjalani program hamil. Namun, untuk program hamil baik suami maupun istri disarankan mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan kesuburan.

Beberapa vitamin yang dianjurkan yaitu asam folat, zat besi dan vitamin D. Asam folat sendiri sudah umum diketahui sebagai vitamin yang paling dianjurkan diminum oleh perempuan hamil.

Dilansir dari Americanpreganncy, vitamin B kompleks selain asam folat juga sangat bermanfaat bagi program hamil.

Jenis vitamin B untuk program hamil yang wajib dikonsumsi antara lain:

1. Vitamin B9 atau Asam Folat

Vitamin ini paling populer dan dianjurkan oleh para dokter kandungan untuk rajjn dikonsumsi selama kehamilan. Namun, asam folat juga baik dikonsumsi bagi calon pengantin atau sedang dalam program hamil.

Asam folat dipercaya dapat menjaga kesehatan indung telur sehingga wanita bisa menghasilkan sel telur dengan kualitas terbaik. Setelah pembuahan berhasil, asam folat juga bisa mendukung proses pembuahan sehingga janin terhindar dari cacat lahir. 

Sementara untuk pria, vitamin B9 bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma. Jika pria kekurangan asupan vitamin B9 akan membuat kualitas sperma yang buruk dan cenderung memiliki persentase sperma DNA yang rusak lebih tinggi.

2. Vitamin B6 

Makanan yang mengandung vitamin B6 seperti beras merah dan gandum sangat penting bagi kesehatan. Apalagi bagi wanita yang sedang menjalankan program hamil.

Fungsi dari vitamin B6 untuk ibu hamil adalah memproduksi sel darah dan meningkatkan fungsi otak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini