Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Tanpa BPKB

Aci
Selasa 01 Agustus 2023, 18:22 WIB
Ilustrasi: Surat jual beli motor (Sumber : Istockphoto.com)

Ilustrasi: Surat jual beli motor (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Surat jual beli motor merupakan salah satu bukti sah jika seseorang membeli atau menjual motor tersebut. Dengan adanya surat jual beli tersebut tentu saja akan membuat kedua belah pihak lebih aman dan terjamin.

Surat Perjanjian Jual Beli Motor adalah surat yang dibuat sebagai bukti hitam diatas putih antara kedua belah pihak yang terlibat sehingga bisa dipertanggung jawabkan di kemudian hari jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Terlebih jika kamu membeli motor tersebut dalam keadaan kurang sempurna, contohnya yang paling umum terjadi yaitu tidak ada BPKB nya. untuk meminimalisir segala perubahan yang mungkin terjadi, surat jual beli ini sangatlah penting bagi kedua belah pihak.

Surat perjanjian jual beli motor akan sangat berfungsi untuk mengikat kedua belah pihak yang telah melakukan transaksi. Sehingga, seluruh hak dan kewajiban yang telah tercantum sesuai kesepakatan dapat dipenuhi. Selain itu, surat ini juga dapat digunakan oleh pembeli untuk balik nama motor jika diinginkan.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Secara Kredit yang Mudah Dipahami

Informasi yang termuat dalam surat ini harus lengkap dan jelas, baik itu berkaitan dengan informasi pribadi, model transaksi maupun kelengkapan dari motor itu sendiri. Setelah terjadi kesepakatan, maka masing-masing pihak dapat menandatangani surat perjanjian tersebut lengkap dengan materai yang menandakan bahwa surat tersebut sah di mata hukum.

Berbicara membeli motor tanpa BPKB berikut ini, Labviral.com lampirkan contoh surat jual beli motor tanpa BPKB, yuk disimak!

Pada beberapa kasus jual beli kendaraan khususnya untuk tipe motor keluaran lama, transaksi yang dilakukan biasanya tanpa menyertakan BPKB kendaraan karena memang motor tersebut hanya digunakan untuk keperluan seperti untuk ke ladang, untuk mencari pakan ternak, dan beberapa usaha lainnya.

Sebelumnya kamu pasti tahu, motor yang dijual tanpa BPKB tentu harganya juga jauh lebih murah, tapi pastinya tetap sebanding dengan kondisi dan performa dari kendaraan tersebut. 

Hal yang bisa memperkuat bukti transaksi jual beli motor tanpa BPKB tersebut adalah dengan membuat surat perjanjian jual beli sepeda motor yang disetujui kedua pihak seperti berikut ini.

Baca Juga: Contoh Surat Jual Beli Motor, Mudah Dipahami!

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOTOR TANPA BPKB


 

Telah dijual sebuah sepeda motor Honda Supra Fit 110 pada tanggal 25 Agustus 2023 dengan nomor kendaraan : D 1999 UY. Dengan kepemilikan sebagai berikut :

Nama : Anisya Lailatul Isnaini

Pekerjaan : Wirausaha

Alamat : Rt. 25 Rw. 5 Desa Buduran, Kecamatan Bandung, Kabupaten Bandung

Nomor KTP : 9876547890

Data diatas merupakan sebenar-benarnya pemilik sepeda motor yang akan dijual dengan harga Rp. 3.500.000,-(lima juta rupiah) tanpa BPKP dan dibayar secara lunas. Yang akan dibeli atau diserahkan kepada pembeli berikut ini:

Nama : Ica Adelia Juniyanti

Pekerjaan : Wirausaha

Alamat : Rt. 25 Rw. 5 Desa Buduran, Kecamatan Bandung, Kabupaten Bandung

Nomor KTP : 8765456798

Dengan adanya surat ini dapat dijadikan surat sah penjualan sepeda motor dan dapat digunakan sebagaimana fungsinya.Apabila di kemudian hari timbul perselisihan di antara kedua belah pihak, maka akan diselesaikan secara musyawarah atau kekeluargaan. Namun, bila tidak ditemukan titik terang atas permasalahan tersebut, maka akan diselesaikan secara hukum.Demikian surat perjanjian jual belI motor tanpa BPKB ini dibuat atas kesepakatan bersama antara kedua belah pihak tanpa adanya paksaan dari siapapun. Perjanjian ini dibuat 2 (dua) rangkap yang bermaterai dengan ketentuan yang berlaku dan ditandatangani oleh kedua belah pihak dan saksi-saksi, sehingga memiliki kekuatan hukum yang sama.

Bandung, 02 Agustus 2023

 

Pihak Kesatu                                                      Pihak Kedua

 

 

(Anisya Lailatu Isnaini)                                  (Ica Adelia Juniyanti)

Pihak Penjual                                                       Pihak Pembeli 

Baca Juga: Netflix Rilis Trailer Terbaru Serial One Piece Live Action, Eiichiro Oda Tulis Surat Untuk Penggemar

Pada dasarnya untuk perjanjian surat jual beli motor tanpa BPKB ini, dibuat berdasarkan kesepakatan kedua pihak. Terkait isi pernyataan bila kedepannya terjadi sesuatu, isi bisa menyesuaikan dengan kedua belah pihak.

Jika kamu ingin membeli motor tanpa BPKB perlu di ingat ya pilihlah motor dengan cermat pastikan fungsi motor masih bagus, dan bisa digunakan sebagaimana, terkait surat perjanjian buatkan isi pernyataan yang bijak sehingga tidak merugikan kedua belah pihak. Semoga bermanfaat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini