Mengenal Alat Musik Jenis Membranofon, Mulai dari Sejarah Sampai dengan Kekurangan dan Kelebihannya

Aci
Jumat 04 Agustus 2023, 18:45 WIB
Alat musik jenis membranofon (Sumber : Istockphoto.com)

Alat musik jenis membranofon (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM -  Membranofon merupakan jenis alat musik yang menggunakan sebuah membran agar alat musik tersebut dapat bersuara. Membranofon memiliki suara musik yang bergetar pada membran kulit yang dipasangkan instrumen agar menjadi pengiring lagu yang nikmat di dengar.

Jenis alat musik membranofon sendiri sangat bervariasi dan tersebar di seluruh dunia. Berikut ini Labviral.com mau ajak kamu untuk lebih mengenal alat musik jenis membranofon, mulai dari sejarahnya, keunikan, dan banyak lagi. Yuk disimak!

Sejarah alat musik jenis membranofon

Tahukah kamu, bahwa alat musik jenis membranofon merupakan salah satu jenis alat musik tertua di dunia yang dikenal oleh manusia. Tentu saja searah alat musik ini sangat;ah panjang jika dituturkan secara rinci. 

Sudah sejak zaman kuno sampai dengan sekarang, masih banyak budaya di dunia yang memiliki alat musik jenis ini. Namun, pada awalnya, membranofon dibuat dengan bahan sederhana seperti kulit binatang, kayu, bambu, atau batu.

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Sape Khas Suku Dayak, Tidak Bisa Dimainkan Sembarang Orang!

Ini semua dikarenakan alat-alat musik ini telah dilestarikan oleh manusia sejak zaman prasejarah. Nah, sekarang mari kita lihat jenis membranofon yang ada di dunia!

Meskipun sudah ada sejak zaman kuno, alat musik jenis membranofon ternyata masih memiliki kekurangan lho! Namun tetap saja alat musik jenis membranofon juga mempunyai kelebihannya tersendiri.

Berikut ini kekurangan dan kelebihan dari alat musik jenis membranofon, apa saja yuk di cek penjelasan berikut ini!

Kekurangan dan Kelebihan  Membranofon

Kekurangan Membranofon

  • Untuk memainkan alat musik jenis membranofon kamu memerlukan teknik dan latihan yang khusus agar kamu bisa menggunakan alat musik tersebut dengan baik dan benar. Tentunya pada umumnya mau alat musik jenis apapun kamu memang diharuskan berlatih agar mahir menggunakan sehingga bisa mengikuti musik atau instrumen apa saja. 
  • Alat musik jenis membranofon, merupakan jenis alat musik yang rentan terhadap kerusakan selain itu alat musik jenis membranofon juga alat musik yang membutuhkan perawatan dengan biaya yang cukup mahal
  • Alat musik jenis  membranofon juga menjadi jenis alat musik yang tidak selalu dilengkapi dengan notasi musik, sehingga sulit untuk dipelajari oleh orang yang baru mengenal alat musik ini

Baca Juga: 9 Alat Musik Asli dari Maluku, Banyak yang Unik-unik!

Nah, itu dia beberapa kekurangan dari alat musik membranofon, yang sebaiknya kamu ketahui, jadi ketika kamu ingin belajar menggunakan alat musik jenis membranofon ini kamu sudah bisa mengantisipasi apa saja yang harus kamu persiapan demi menghadapi kekurangan alat musik jenis membranofon ini.

Setelah mengetahui kekurangannya, alat musik jenis membranofon juga memiliki kelebihannya tersendiri lho! Pa saja:

Kelebihan Membranofon

  • Adapun yang menjadi kelebihan pertama Alat musik jenis membranofon yaitu merupakan jenis alat musik yang memiliki suara unik dan bervariasi. Sehingga memainkan alat musik ini sangatlah menyenangkan.
  • Alat musik jenis membranofon merupakan jenis alat musik yang dapat dimainkan oleh siapa saja, baik profesional maupun amatir. Namun ingat perlu belajar dan belajar ya agar kamu mahir dalam memainkannya.
  • Alat musik jenis membranofon menjadi salah satu jenis alat musik yang sangat penting digunakan dalam upacara adat, ritual, atau keagamaan
  • Alat musik jenis membranofon juga telah menjadi bagian integral dalam musik tradisional di seluruh dunia
  • Alat musik jenis membranofon merupakan alat musik yang fleksibel, yaitu dapat dimainkan secara solo atau dalam kelompok
  • Dan yang terakhir yang menjadi kelebihan dari alat musik jenis membranofon yaitu dapat dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan.

Baca Juga: Lirik Lagu Haegum dari Agust D yang Komposisi Keren Berpadu dengan Alat Musik Korea

Pada umumnya setiap alat musik jenis apapun pasti akan memiliki kekurangan dan kelebihan tak terkecuali alat musik membranofon ini.  Alat musik jenis membranofon juga memiliki beberapa jenis di dunia, diantaranya yaitu kendang, gong, taiko, daf, bodhran, djembe, dan lain-lain.

Alat musik jenis membranofon juga memiliki keunikan yang beragam dimana keunikan tersebut tergantung dari asal, bahan, dan fungsi instrumen tersebut. Suaranya juga sangat khas dan berbeda-beda pada setiap jenisnya.

Nah, itu dia sejarah dan juga kekurangan sekaligus kelebihan dari alat musik jenis membranofon yang perlu kamu ketahui, karena jika kamu ingin mahir memainkan alat musik jenis ini tentu saja kamu harus memahami terlebih dahulu beberapa informasi terkait alat musik tersebut. Semoga bermanfaat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini