Simak Yuk! Ini Jenis-jenis Alat Musik Membranofon yang Ada di Dunia

Aci
Jumat 04 Agustus 2023, 22:05 WIB
Alat musik jenis membranofon gong (Sumber : Istockphoto.com)

Alat musik jenis membranofon gong (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM -  Membranofon merupakan jenis alat musik yang menggunakan sebuah membran agar alat musik tersebut dapat bersuara. Membranofon memiliki suara musik yang bergetar pada membran kulit yang dipasangkan instrumen agar menjadi pengiring lagu yang nikmat di dengar.

Jenis alat musik membranofon sendiri sangat bervariasi dan tersebar di seluruh dunia. Berikut ini Labviral.com mau ajak kamu untuk lebih mengenal alat musik jenis membranofon, mulai dari sejarahnya, keunikan, dan banyak lagi. Yuk disimak!

Baca Juga: 7 Aplikasi Musik Terbaik untuk Android Maupun Ios, Banyak Update Lagu-Lagu Baru yang Viral di Tiktok!

Sejarah alat musik jenis membranofon

Tahukah kamu, bahwa alat musik jenis membranofon merupakan salah satu jenis alat musik tertua di dunia yang dikenal oleh manusia. Tentu saja searah alat musik ini sangat;ah panjang jika dituturkan secara rinci. 

Sudah sejak zaman kuno sampai dengan sekarang, masih banyak budaya di dunia yang memiliki alat musik jenis ini. Namun, pada awalnya, membranofon dibuat dengan bahan sederhana seperti kulit binatang, kayu, bambu, atau batu.

Ini semua dikarenakan alat-alat musik ini telah dilestarikan oleh manusia sejak zaman prasejarah. Nah, sekarang mari kita lihat jenis membranofon yang ada di dunia!

Yap, alat musik jenis membranofon terbagi beberapa jenis, dimana setiap jenis alat musik tersebut memiliki keunikannya tersendiri. Berikut jenis-jenis alat musik membranofon:

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Sape Khas Suku Dayak, Tidak Bisa Dimainkan Sembarang Orang!

Nama Membranofon Jenis Materia dan Asal

  • Kendang- Tabuhan-Kulit - Binatang-Indonesia
  • Gong - Tabuhan - Logam - Asia Tenggara
  • Taiko - Tabuhan - Kulit Binatang - Jepang
  • Daf - Tabuhan - Kulit Kambing - Timur Tengah
  • Bodhran - Tabuhan - Kulit Kambing - Irlandia
  • Djembe - Tabuhan - Kulit Kambing - Afrika Barat

Untuk lebih mengenalnya berikut ulasan lengkapnya, jenis-jenis alat musik  membranofon:

Alat musik membranofon jenis Kendang

Alat musik jenis membranofon yang pertama yaitu,Kendang. Kendang sangat populer di Indonesia. Membranofon jenis Kendang biasanya dimainkan oleh pemain musik tradisional seperti musik gamelan, wayang, dan lain-lain. Kendang terbuat dari dua buah drum yang memiliki diameter dan tinggi yang berbeda, yakni kendang besar dan kendang kecil.

Alat musik jenis membranofon Gong

Gong adalah alat musik jenis membranofon yang sering dijumpai di wilayah negara Asia Tenggara. Gong terbuat dari logam dan biasanya digunakan untuk upacara adat, ritual, atau pertunjukan musik. Suara gong sangat indah dan bervariasi tergantung dari ukuran, bentuk, dan bahan pembuatannya.

Alat musik jenis membranofon jenis Taiko

Bisa dilihat dari namanya, Taiko merupakan alat musik jenis membranofon yang berasal dari negara Jepang. Taiko terbuat dari kayu dan kulit binatang. Taiko biasanya dimainkan oleh para pemain musik tradisional untuk mengiringi penampilan tarian dan lagu. Suara taiko sangat menggetarkan dan memukau para penonton.

Baca Juga: 9 Alat Musik Asli dari Maluku, Banyak yang Unik-unik!

Alat musik jenis membranofon jenis Daf

Daf menjadi alat musik jenis membranofon yang berasal dari negara Timur Tengah. Daf terbuat dari kayu dan kulit kambing atau domba. Daf biasanya dimainkan pada upacara adat atau keagamaan dan menjadi salah satu alat musik tradisional yang sangat penting.

Alat musik jenis membranofon jenis Bodhran

Bodhran adalah alat musik membranofon yang berasal dari Irlandia. Bodhran terbuat dari kayu dan kulit domba. Bodhran biasanya dimainkan oleh para pemain musik tradisional untuk mengiringi lagu-lagu celtic. Suara bodhran sangat khas dan merdu.

Alat musik jenis membranofon jenis Djembe

Djembe adalah alat musik membranofon yang berasal dari Afrika Barat. Djembe terbuat dari kayu dan kulit kambing. Djembe biasanya dimainkan oleh para pemain musik tradisional untuk mengiringi tarian-tarian dan lagu-lagu daerah. Suara djembe sangat mengguncang dan memukau para penonton.

Baca Juga: Awal Mula Ahmad Dhani Sebut Penggemar K-Pop Tak Punya Kedaulatan Selera Musik, Langsung Diserang K-Popers

Nah, itu dia jenis-jenis alat musik membranofon yang populer di dunia, alat musik jenis membranofon memiliki keunikannya tersendiri. Membranofon memiliki keunikan yang sangat menarik. Selain memiliki berbagai jenis yang tersebar di seluruh dunia, membranofon juga memiliki suara yang sangat khas dan bervariasi. Selain itu, setiap jenis membranofon juga memiliki keunikan yang berbeda-beda, tergantung dari asal, bahan, dan fungsi instrumen tersebut.

Alat musik jenis membranofon bisa dimainkan oleh siapa saja, seba alat musik jenis ini dapat digunakan oleh seorang profesional maupun amatir. Namun, tetap saja pada umumnya jika kamu ingin mahir memainkan alat musik jenis apapun kamu harus melakukan pelatihan yang serius dan juga takut agar kamu dapat menguasai permainan alat musik itu sendiri. So gimana udah siap untuk belajar alat musik yang satu ini? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.(**)

 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini