Salah Satu Lagu Kemerdekaan Indonesia Mengheningkan Cipta Karya Truno Prawit

Andi Syafriadi
Jumat 24 Maret 2023, 12:44 WIB
ilustrasi dari Mengheningkan Cipta atas jasa para pahlawan (Sumber : Wikipedia)

ilustrasi dari Mengheningkan Cipta atas jasa para pahlawan (Sumber : Wikipedia)

LABVIRAL.COM- Mengheningkan Cipta merupakan kegiatan berdiri diam untuk merenung, berdoa, memikirkan atau mengenang orang-orang yang telah gugur pada suatu peristiwa pilu dalam sejarah.

Mengheningkan Cipta ini juga merupakan salah satu bentuk penghormatan, khususnya ketika berduka cita untuk orang-orang yang telah meninggal.

Lagu Mengheningkan Cipta ini diciptakan oleh Truno Prawit. Dirinya merupakan seorang pengarang lagu berkebangsaan Indonesia yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada tahun 1915.

Baca Juga: Sedang Dalam Keterpurukan? Lirik Lagu LYON – Semesta Bersabda Ini Pas Banget Untuk Menginspirasimu

Dirinya mempunyai kemampuan bermusik yang diasah dari keterlibatannya dalam Staf Musik Keraton Surakarta. Karena keahliannya ini dirinya telah menghasilkan banyak karya musik.

Di Indonesia sendiri mengheningkan cipta merupakan salah satu bagian dari rangkaian upacara bendera untuk menghormati jasa para pahlawan dengan cara menundukkan kepala dengan khidmat dan diiringi oleh lagu Mengheningkan Cipta karangan Truno Prawit ini.

Tradisi Mengheningkan Cipta ini dimulai pertama kali oleh Presiden Soekarno ketika melawat ke Ambon pada tahun 1958 untuk memperingati Hari Pahlawan.

Baca Juga: Lirik Lagu Ku Menangis, Soundtrack Favorit Buat Sinetron yang Banjir Air Mata

Berikut lirik lagu Wajib Nasional Indonesia – Mengheningkan Cipta :

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini