Dari Band Hingga Pelawak Sukses, Berikut Profil dan Jejak Karir Andre Taulany yang Moncer Banget

Andi Syafriadi
Jumat 10 Maret 2023, 17:43 WIB
Andre Taulany (Sumber : Instagram/@AndreasTaulany)

Andre Taulany (Sumber : Instagram/@AndreasTaulany)

LABVIRAL.COM, Siapa disini yang belum kenal Andre Taulany? Pasti hampir seluruh masyrakat Indonesia mengenal sosok artis, pelawak, presenter hingga mantan anak band ini. Bagaimana tidak terkenal, Andre Taulany sudah malang-melintang di dunia hiburan tanah air, jauh sebelum menjadi komedian terkenal seperti saat ini.

Pak Haji, sapaan akrab Andre, faktanya pernah menjajal sejumlah bidang seni, dari aktor hingga pada pembawa acara.

Andre Taulany, pria yang memiliki nama lengkap Andreas Taulany Haumahu ini lahir pada tanggal 17 September 1974 dari pasangan Robby Haumahu dan Rasidah Hanum Hasibuan. Kemudian pada tanggal 2005, Andre Taulany menikah dengan Rien Wartia Trigina atau yang biasa dikenal dengan nama Erin Taulany.

Dari pernikahannya tersebut, mereka diberkahi 3 anak bernama Ardio Raihansyah Taulany, Alvora Carissa Taulany, dan Arkenzy Salmansyah Taulany. Lelaki berusia 48 tahun tersebut memang mengawali karirnya sebagai vokalis dari salah satu band terkenal pada masanya, Stinky.

Karir Band Andre Taulany

Pada awalnya, band milik Andre Taulany tersebut bernama Peace Slugi, yang dibentuk tahun 1992. Mungkin karena tidak bisa mengangkat pamor personilnya, pada akhirnya di tahun 1995 band ini berganti nama menjadi Stinky yang disepakati lahir pada tanggal 2 Februari 1995.

Menariknya, pasca pergantian nama band tersebut, Stinky akhirnya meluncurkan album perdananya pada tahun 1997 dengan judul yang sama dengan nama band tersebut. Stinky mengalami masa kejayaan pada tahun 90-an. Namun, lambat laun, pamornya turun. Bahkan sempat vakum.

Selama menjadi bagian dari Stinky, Andre terlibat dalam 7 album yang dirilis, yakni:

- Stinky (1997)
- JTD (1998)
- Rindu Untuk Dia (1999)
- Permata Hati (2001)
- Stinky 5 (2003)
- Langkah Terbaik (2004)
- Pecinta Sejati (2007)

Tahun semakin berganti, popularitas Stinky di atas awan. Namun sayangnya pada tahun 2008, Andre dan Stinky memutuskan untuk berpisah. Meski begitu, sebelum memutuskan untuk berpisah, Andre membuat proyek album solo pertamanya dengan judul 'Andre'. Dimana album tersebut dirilis pada Oktober 2000 dengan menjagokan lagu Andinda (Andai Saja).

Nah dari 10 lagu yang ada di album tersebut, sekitar 8 lagu merupakan ciptaan Andre Taulany sendiri.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini