Deretan Mobil Pahlawan Indonesia

Yowan R
Kamis 17 Agustus 2023, 07:00 WIB
Infografis Deretan Mobil Pahlawan Indonesia

Infografis Deretan Mobil Pahlawan Indonesia

LABVIRAL.COM - Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang menjadi momen tepat mengingat kembali jasa para pahlawan. Pada saat itu, para pahlawan dengan sukarela mengangkat senjata mengusir para penjajah dari tanah air.

Banyak pahlawan yang gugur dan terluka dalam pertempuran dan karenanya, jasa mereka patut dikenang, termasuk mobil-mobil yang mereka gunakan saat berjuang.

Penasaran apa saja mobil-mobil yang pernah digunakan oleh para pahlawan nasional Indonesia? Langsung saja simak daftar selengkapnya di bawah ini.

1. Buick 8
Salah satu mobil yang bisa dikatakan cukup bersejarah adalah Quick 8. Mobil ini merupakan rampasan pertama Kepresidenan RI dari Jepang.

Disektor dapur pacunya, Buick 8 yang digunakan oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno ini memiliki mesin berkapasitas 5.247 cc dengan delapan silinder. Sebagai informasi, Buick 8 ini juga merupakan mobil limited edition karena hanya diproduksi sekitar 1.400 unit saja di seluruh dunia.

2. Chevrolet Fleetmaster
Mobil yang pernah digunakan oleh pahlawan RI selanjutnya adalah Chevrolet Fleetmaster tahun 1947 yang sempat digunakan oleh Jenderal Sudirman. Mobil ini diketahui sempat masuk pasar lelang, dan berhasil terjual di harga Rp600-an juta.

Kendaraan mewah pada zamannya ini dibekali dengan mesin yang berkapasitas 3.7 liter atau 3.700 cc dengan transmisi manual 3-percepatan.

3. Oldsmobile 98
Selain kedua mobil diatas, mobil yang pernah digunakan pahlawan RI berikutnya adalah Oldsmobile 98 yang pernah digunakan oleh Letnan Jendral Ahmad Yani saat masih menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat.

Mobil produksi General Motors tersebut dipajang di Monumen Pancasila Sakti sengaja dipamerkan di sana untuk mengenang jasa Ahmad Yani atas insiden G30S/PKI. Mobil ini sudah ada di museum tersebut sejak Mei 1989.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkini