6 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, dari Telur hingga Oatmeal

Aprilia
Selasa 20 Juni 2023, 15:20 WIB
Anak makan (beingtheparents.com/)

Anak makan (beingtheparents.com/)

LABVIRAL.COM - Setiap orangtua pastinya ingin memberikan nutrisi yang tepat bagi anak-anak. Sumber nutrisi terpenting berasal dari makanan yang dikonsumsi anak. Jika anak mendapat nutrisi yang baik maka pertumbuhan serta kecerdasannya juga akan optimal.

Salah satunya memperhatikan asupan makanan yang berguna untuk kecerdasan dan perkembangan otak.

Berikut sumber makanan yang baik untuk otak anak bunda dihimpun dari berbagai sumber:

1. Telur

Sumber protein ini gampang sekali didapat dan harganya juga cukup terjangkau. Kandungan dalam kuning telur yaitu kolin dipercaya sangat baik untuk perkembangan otak.

2. Ikan Lele

Mudah dijumpai, ikan lele mengandung vitamin, mineral, dan lemak omega. Omega-3 pada ikan lele berperan penting untuk mencerdaskan otak dan menghindarkan anak dari mudah lupa. 

3. Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan thiamin yang semuanya penting bagi kesehatan tubuh, khususnya perkembangan otak.

4. Wortel

Sayuran berwarna seperti wortel, kaya akan anti oksidan dan berguna untuk kecerdasan otak. Selain itu juga dipercaya mendukung tumbuh kembang fisik atau psikis anak. 

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale, bayam dan brokoli merupakan sayuran yang tinggi akan vitamin E dan K, beta karoten, dan folat.

Vitamin E merupakan vitamin yang baik untuk otak anak karena bersifat sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang baik bagi anak-anak. Nutrisi yang terkandung di dalam oat, seperti serat, zinc, kalium, vitamin B, dan vitamin E, dapat membantu kerja otak lebih optimal. Oatmeal juga meningkatkann konsentrasi dan fokus anak-anak.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini