6 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Anak, Bikin Perkembangan Otak Lebih Baik

Aprilia
Selasa 20 Juni 2023, 21:19 WIB
Manfaat musik (depositphotos.com/)

Manfaat musik (depositphotos.com/)

LABVIRAL.COM - Musik merupakan hal yang kita temui sehari-hari. Dalam hiburan maupun pendidikan, musik menjadi metode yang menyenangkan dan menjadi simbol budaya.

Orangtua biasanya secara naluriah akan menggunakan musik untuk menghibur atau menenangkan anak. Musik juga digunakan untuk mengajarkan sesuattu agar lebih menyenangkan diterima.

Menurut penelitian musik memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini:

1. Mengembangkan kecerdasan bahasa

Saat mendengarkan musik anak akan merekam bahasa-bahasa dan nada dalam lagu. Secara tak sadar jug anak akan menguasai kosakata baru dari lagu yang mereka dengar. 

2. Meningkatkan kemampuan akademis

Anak yang sering mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kemampuan alaminya untuk memecahkan kode suara atau kata. Mendengarkan lagu juga akan membantu anak belajar melalui sebuah sistem pengulangan. Dengan mengetahui irama musik, anak akan belajar mengenai pola urutan.

3. Menunjang perkembangan otak

Melansir sebuah studi di tahun 2016 menunjukkan bahwa anak yang sering terpapar musik pada masa kanak-kanaknya dapat membuat perkembangan otaknya lebih maju, terutama di bagian penguasaan bahasa dan kemampuan membaca. 

4. Baik untuk kesehatan mental

Mendengarkan musik mampu membantu melepaskan senyawa kimia atau neurochemical yang berperan membantu fungsi otak dan kesehatan mental. 

5. Mempertajam daya ingat

Menstimulasikan anak sejak dini memiliki manfaat bagi daya ingat anak. Bermusik akan meningkatkan jumlah sinaps dan aktivitas antar kedua belahan otak. Manfaatnya kerja otak menjadi lebih cepat, efektif, dan kreatif.

6. Melatih konsentrasi dan koordinasi anak

Mendengarkan musik, khusunya musik klasik dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak. Demikian juga dengan memainkan alat musik dapat melatih anak untuk dapat fokus pada satu hal dalam jangka waktu tertentu. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini