Ibu Hamil Boleh Bawa Mobil di Usia Kehamilan ke Berapa? Risiko Mengemudinya Sama dengan Sleep Apnea Loh!

Annisa Fadhilah
Senin 11 September 2023, 21:14 WIB
Ibu Hamil Boleh Bawa Mobil di Usia Kehamilan ke Berapa? Risiko Mengemudinya Sama dengan Sleep Apnea Loh! (FOTO: Freepik/Senivpetro)

Ibu Hamil Boleh Bawa Mobil di Usia Kehamilan ke Berapa? Risiko Mengemudinya Sama dengan Sleep Apnea Loh! (FOTO: Freepik/Senivpetro)

LABVIRAL.COM - Semakin umum bagi wanita hamil mengemudi mobil tanpa bantuan sopir pengganti. Namun, ada perbedaan yang signifikan antara pengemudi wanita yang sedang hamil dan mereka yang tidak. Di usia kehamilan berapa ibu hamil boleh mengemudi mobil?

Walaupun secara hukum ibu hamil diizinkan untuk mengemudi, ada situasi tertentu dimana wanita hamil sebaiknya menghindari mengemudi karena dapat berpotensi bahaya.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi dari Primaya Evasari Hospital, dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp. OG (K) FER MARS, mengatakan, meskipun tak ada larangan keras bagi wanita hamil untuk mengemudi sendiri, namun pada tiga bulan pertama kehamilan, hal ini cukup berisiko.

dr. Cepi mengungkapkan bahwa ini mungkin terkait dengan fakta bahwa dalam trimester pertama kehamilan, ibu hamil sering mengalami mual dan muntah, yang bisa berakibat membuat tubuh lemah.

"Kemungkinan dikarenakan kondisi trimester pertama (3 bulan pertama), ibu hamil biasanya mengalami mual muntah yang sering yang dapat menyebabkan lemas juga," kata dr. Cepi kepada wartawan, dikutip Labviral.com pada Senin, (11/9/2023).

Selain itu, menurut dr. Cepi, perubahan fisik dan psikologis yang dialami oleh wanita hamil pada trimester pertama juga memerlukan tingkat kehati-hatian yang lebih tinggi. Dua faktor ini seharusnya menjadi pertimbangan utama bagi wanita hamil yang ingin mengemudi.

Memaksakan diri untuk mengemudi dalam kondisi ini tidak hanya dapat membahayakan janin dalam kandungan, tetapi juga dapat membahayakan diri sendiri. Karena mengemudi membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, mengalami gangguan dari keluhan awal kehamilan justru dapat mengganggu konsentrasi yang diperlukan.

Cepi menyarankan agar wanita hamil sebaiknya menghindari mengemudi selama tiga bulan pertama kehamilan, mengingat Bunda mungkin masih mengalami mual, ingin muntah dan mudah lelah selama periode ini.

Sementara itu, menurut dokter kegawatdaruratan, Donald Redelmeier, risiko kecelakaan bagi ibu hamil yang mengemudi mobil cenderung meningkat pada trimester kedua dan mengalami penurunan pada trimester ketiga.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini