Benarkah Membentak Anak Dapat Merusak Miliaran Sel Otak?

Aprilia
Minggu 19 Maret 2023, 09:23 WIB
Bahaya membentak anak (Sumber : freepick.com)

Bahaya membentak anak (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Sebagian orangtua yang hilang kesabaran saat mengasuh anak sampai membentak. Padahal anak yang terus-menerus dimarahi atau dibentak cenderung akan memiliki masalah perilaku, kecemasan, depresi, hingga stress jangka panjang.

MedicineNet melaporkan bahwa efek membentak pada anak sama halnya dengan melakukan kekerasan fisik.

Dalam sejumlah penelitian, ditemukan jika anak akan berada dalam situasi ketakutan saat dibentak. Rasa cemas, takut dan tekanan ini membuat produksi hormon kortisol di otak meningkat. Produksi hormon yang berlebihan tersebut bisa memutuskan sambungan dan rusaknya sel-sel pada otak.

Baca Juga: 5 Museum yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual dari Rumah, Tinggal Klik Aja

Bentakan Merusak Sel Otak

bahaya membentak anak

Salah satu penelitian yang paling populer dilakukan oleh Lise Elliot, ahli syaraf di Chicago Medical School. Dia mengungkap satu kali bentakan dapat merusak miliaran sel otak anak-anak.

Pada usia anak 2-3 tahun, menerima bentakan dapat menggugurkan perkembangan sel-sel otaknya. Berbanding terbalik saat anak diberikan stimulus positif seperti dengan lembut menerima kasih sayang maka miliaran sel-sel otaknya tumbuh berkembang dengan baik.

Penelitian Lise Elliot ini dilakukan pada anaknya dengan memasang kabel perekam otak yang dihubungkan pada monitor komputer. Anak tersebut akan mendengar berbagai gelombang suara seperti pujian, sampai suara keras atau teriakan layaknya orang marah.

Eliot menemukan fakta ketika anaknya ketakutan akibat suara teriakannya, lapisan myelin yang ada di dalam otaknya menggelembung seperti balon, lalu pecah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini