Sebelum Memilih Childfree, Baca Hasil Studi Manfaat Punya Anak

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 20:03 WIB
Ilustrasi orang tua dan anak

Ilustrasi orang tua dan anak

LABVIRAL.COM - Pembahasan tentang childfree atau pilihan untuk tidak mempunyai anak dianggap sebagai salah satu cara untuk menghidari stres, bahkan childfree diklaim bisa membuat awet muda. Di mana hal ini berujung pada pro-kontra di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun, dari bermacam-macam studi yang telah dilakukan, hasilnya sebaliknya. Faktanya, beberapa studi menunjukkan bahwa memiliki anak bisa memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental bagi mereka yang memiliki anak.

Berikut fakta-fakta hasil penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki anak merupakan suatu hal yang positif:

Baca Juga: Tanda Anak Pintar yang Jarang Disadari, Barangkali Ada Salah Satunya pada Si Kecil

1. Kehadiran Anak Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Para peneliti di Brigham Young University, Amerika Serikat, menguji tekanan darah dari sampel 200 pria dan wanita yang sudah menikah. Mereka mengamati bahwa pasangan yang memiliki anak, tekanan darahnya jauh lebih rendah dibandingkan yang tidak memiliki anak.

Namun, ini tidak berarti bahwa semakin banyak anak, semakin baik tekanan darah Anda. Pada intinya, kehadiran buah hati terbukti terkait dengan hasil kesehatan yang lebih baik.

Baca Juga: Bunda Ayo Kenali Gerakan Tutup Mulut Bayi dan Solusinya!

2. Anak Membuat Seseorang Tetap Waras

Dikutip dari laman Psychreg, para peneliti di Taiwan’s Mental Health Foundation menemukan bahwa memiliki anak membuat orang dewasa lebih bahagia.

Hasil penelitian ini berdasarkan hasil wawancara kepada 1.084 lansia yang dipilih secara acak, dan hasilnya menemukan bahwa lansia yang tidak memiliki anak mendapat skor kebahagian 6,4 poin lebih rendah daripada lansia yang memiliki anak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini