Bunda Wajib Tahu! Hal Penting Sebelum Berikan Anak MPASI

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 20:04 WIB
Ilustrasi MPASI

Ilustrasi MPASI

LABVIRAL.COM - Menginjak usia enam bulan, bayi umumnya sudah diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Sesuai namanya, MPASI diberikan kepada bayi sejak usia enam bulan sebagai makanan pendamping selain air susu ibu.

Dijelaskan dr. Lucia Nauli Simbolon, SpA, MPASI diberikan sejak usia enam bulan, mengikuti program pemerintah bahwa ASI ekslusif itu diberikan sejak usia nol  sampai enam bulan.

Untuk mengolah MPASI pun juga tidak boleh asal, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Sebab, cara pengolahannya pun berbeda dengan makanan orang dewasa.

Baca Juga: Sebelum Memilih Childfree, Baca Hasil Studi Manfaat Punya Anak

Selain itu, dr Lucia juga menjelaskan bahwa bayi yang siap MPASI bukan dilihat dari faktor usianya saja. Tetapi, ada beberapa faktor lain yang mendukung kesiapan sang bayi untuk memasuki MPASI.

"Bayi siap MPASI dilihat dari kesiapan makan, lehernya sudah kuat belum, kemudian bayi tersebut tertarik tidak melihat orang di sekitarnya makan, kemudian dia masih suka menjulurkan lidah atau tidak. Kebiasaan itu nggak boleh, berarti belum siap bayinya," katanya dikutip Labviral.com dari kana YouTube Gue Sehat.

Lebih lanjut, dr Lucia juga menjelaskan bahwa bayi yang tidak mendapatkan ASI esklusif atau yang minum susu formula sejak awal juga biasanya sudah siap untuk mendapatkan MPASI sebelum waktunya.

Baca Juga: Sebelum Memilih Childfree, Baca Hasil Studi Manfaat Punya Anak

"Pada beberapa bayi yang mendapatkan susu formula, biasanya ususnya akan lebih siap sebelum waktunya. Jadi di usia empat bulan sudah bisa MPASI pada anak yang tidak mendapat ASI eksklusif," jelasnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini