6 Tips Mencegah dan Mengatasi Kecanduan HP Pada Anak

Annisa Fadhilah
Senin 27 Maret 2023, 19:15 WIB
Ilustrasi hp (Sumber : Unsplash/Rami Al-zayat)

Ilustrasi hp (Sumber : Unsplash/Rami Al-zayat)

LABVIRAL.COM - Tidak bisa dipungkiri saat ini salah satu musuh terbesar orang tua adalah gawai atau Handphone (HP). Anak-anak dan gadgetnya begitu sulit dipisahkan. Meskipun saat ini banyak sekolah maupun pelajaran yang membutuhkan gawai. Namun jika salah mengenalkan, anak bisa saja berubah kecanduan HP untuk hal-hal yang tidak penting.

Anak yang sudah kecanduan HP biasanya akan abai dengan keadaan sekitar, parahnya bisa mengganggu belajar bahkan tantrum saat dilarang. Kecanduan HP juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, misalnya masalah penglihatan dan masalah postur tubuh.

Mengingat banyaknya efek buruk dari kecanduan HP, mari kita coba cegah anak untuk kecanduan HP. Dilansir dari todayparents, berikut tips mencegah anak kecanduan HP.

Hindari memberikan HP

Anak main hp (freepik.com)

 

Usahakan tidak memberi anak HP saat usianya masih dibawah lima tahun. Sedangkan pada anak usia sekolah yang memang membutuhkan HP untuk belajar, berilah aturan yang jelas bahwa penggunaan HP hanya untuk saat belajar saja. Setelah itu HP wajib dikembalikan untuk disimpan orangtuanya.

Beri batasan

Anak main hp (freepik.com)

 

Membuat peraturan yang jelas tentang penggunaan HP sangat diperlukan agar anak-anak tidak menganggap bahwa HP adalah mainan utama mereka. Batasan itu misalnya beri mereka kesempatan menggunakan HP hanya 1-2 jam sehari atau hanya boleh bermain HP saat weekend saja. Sebaiknya orang tua, kita harus memiliki aturan yang tegas tentang batasan dengan HP ini.

Biarkan anak bersosialisasi

Anak bermain di luar (freepik.com)

 

Jangan melarang anak untuk bermain dengan anak-anak sebayanya. Bermain dengan mereka bisa menjadi salah satu cara menjauhkan anak dari kecanduan HP. Anak-anak perlu bersosialisasi untuk mengembangkan kecerdasan emosional mereka.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini