IQ Anak Lebih Banyak Diwarisi Ayah atau Ibu? Cek Fakta Penelitiannya

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 28 Maret 2023, 07:50 WIB
Ilustrasi orang tua dan anak

Ilustrasi orang tua dan anak

LABVIRAL.COM - Kecerdasan intelektual atau intelligence quotient (IQ) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan kemampuan pada diri seseorang. Kemampuan itu meliputi kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, dan memahami ide-ide rumit.

Bukan rahasia lagi jika IQ anak dipengaruhi oleh faktor genetik alias keturunan. Lalu dari mana kecerdasan anak menurun? Ayah atau ibunya?

Baca Juga: Coba 5 Peluang Bisnis Makanan Sehat 2023, Ada Salad hingga Es Krim Buah

IQ didapat dari gen ayah atau Ibu?

Dilansir dari laman Independent, anak-anak dapat mewarisi tingkat kecerdasan dari orangtuanya. Namun para ilmuwan berpendapat bahwa genetika ibu merupakan penentu kecerdasan atau IQ keturunannnya.

Hal ini mengingat karena gen yang menentukan kecerdasan terletak di kromosom X yang dimiliki ibu. Selain itu para peneliti juga mengatakan bahwa "gen terkondisi" yang dimiliki seorang wanita berfungsi sebagai penentu tingkat kecerdasan kognitif.

Pada tahun 2014, sekitar 12.686 anak muda berusia 14-22 tahun diwawancarai oleh sejumlah peneliti. Hasilnya ditemukan bahwa tim peneliti menemukan prediktor kecerdasan yang dimiliki anak berasal dari faktor genetik ibu. Penelitian tersebut mempertimbangkan dan melibatkan banyak faktor, seperti tingkat pendidikan, ras, hingga status sosial ekonomi.

Baca Juga: Dirayakan Tiap 2 Januari, Kenali Empat Kepribadian Introvert

Genetika bukan penentu utama IQ anak

Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa gen ibu bukan satu-satunya penentu kecerdasan. Sisanya, kecerdasan seorang anak juga dipengaruhi oleh lingkungan, makanan, kesehatan, hingga pola asuh terutama selama periode perkembangan anak.

Sementara, menurut penelitian ilmuwan di University of Washington, menemukan ikatan emosional antara ibu dan anak juga sangat penting untuk pertumbuhan beberapa bagian otak anak. Salah satunya hippocampus yang berkaitan dengan memori, pembelajaran, dan respons terhadap stres.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini