Waduh! Cuci Ayam Mentah Sebelum Masak Bisa sangat Berbahaya, Kenapa?

Annisa Fadhilah
Rabu 29 Maret 2023, 19:48 WIB
Ilustrasi ayam mentah (Sumber : Unsplash/JK Sloan)

Ilustrasi ayam mentah (Sumber : Unsplash/JK Sloan)

LABVIRAL.COM -Kebiasaan mencuci ayam mentah sudah umum dilakukan sebelum diolah menjadi makanan yang nikmat. Mencuci ayam dipercaya dapat membersihkan bakteri atau kotoran yang menempel pada ayam tersebut. Tetapi, tahukah kamu justru mencuci ayam sangat berbahaya?

Dilansir dari laman odishatv, menurut sebuah laporan The Conversation, sebagian besar dokter dan ilmuwan menyarankan untuk tidak mencuci ayam mentah sebelum dimasak karena dapat menyebarkan bakteri di sekitar wastafel dan keran dapur. Sebab, bakteri ini cukup berbahaya. 

Namun, sangat sedikit orang yang menyadari fakta ini. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 50 persen orang di seluruh dunia membersihkan ayuam dengan air sebelum dimasak, dan diprediksi mereka telah terpapar bakteri berbahaya.

Baca Juga: Resep Bubur Kaldu Ceker Ayam untuk MPASI, Yuk Dicoba Bun!

Unggas mentah biasanya membawa dua jenis bakteri, yaitu Campylobacter dan Salmonella. Ini adalah bakteri yang cukup umum ditemukan pada unggas mentah dan dapat menyebar di dapur ketika unggas dibersihkan dengan air.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa percikan air juga bisa menyebabkan penyebaran bakteri. 

Jadi, cara terbaik untuk menghilangkan bakteri ini adalah dengan memasaknya pada suhu yang sesuai, dan aturan ini juga berlaku pada makanan lain seperti daging dan ikan. 

Maka dari itu, untuk terhindari dari bakteri para ilmuwan menyarankan menggunakan handuk kertas atau handuk penyerap dan menepuk-nepuk ayam mentah sebagai cara lain untuk membersihkan ayam dengan air. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkini