Anak Tantrum Malam Hari, Ada 7 Penyebabnya dari Tumbuh Gigi hingga Mimpi Buruk

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 08 April 2023, 19:14 WIB
Anak Tantrum Malam Hari, Ada 7 Penyebabnya dari Tumbuh Gigi hingga Mimpi Buruk (Freepik.com)

Anak Tantrum Malam Hari, Ada 7 Penyebabnya dari Tumbuh Gigi hingga Mimpi Buruk (Freepik.com)

LABVIRAL.COM, Tantrum biasanya terjadi karena anak merasa frustasi maupun tak bisa mengkomunikasikan kebutuhan dan perasaan dengan kata-kata. Tantrum bisa terjadi di rumah maupun tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau mall.

Kondisi anak tantrum biasanya terjadi ketika beraktivitas di siang hari. Namun ternyata tantrum juga bisa terjadi saat malam hari dan bahkan tengah malam saat semua orang tidur.

Apa saja penyebab anak tantrum di malam hari? Berikut penyebab anak tantrum pada malam hari yang orangtua harus pahami, sebagaimana yang telah dirangkum Labviral.com:

Baca Juga: Pada Umur Berapa Sebaiknya Anak Diajari Puasa Ramadhan?

1. Mimpi buruk sampai menangis histeris

Sejak bayi, sebenarnya anak-anak sudah bisa mengalami mimpi buruk. Hal ini biasanya dipicu oleh tontonan, permainan tertentu atau cerita yang mereka dengar dari lingkungan. Mimpi buruk bisa menyebabkan kecemasan tersendiri hingga memicu anak tantrum.  

2. Nigt teror

Teror malam atau night teror merupakan gangguan tidur yang biasanya dialami anak-anak. Teror malam yang terjadi pada si kecil bisa disebabkan karena waktu tidur kurang berkualitas. 

Tak jarang, terlalu lama menonton televisi dapat memicu imajinasi, sehingga dirinya memikirkan sesuatu dan tanpa disadari membuatnya mengalami stres.

3. Kurang tidur di siang hari

Balita kurang dari 1 tahun membutuhkan waktu tidur 14-17 jam, termasuk tidur siang. Balita usia 1-2 tahun membutuhkan waktu tidur 11-14 jam. Sementara itu, anak usia 3-4  tahun membutuhkan waktu tidur 10-13 jam.

Kurang tidur di siang hari, bukan membuat anak semakin nyenyak di malam hari. Namun justru bisa membuatnya anak tantrum di malam hari.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini