7 Cara Hadapi Anak Tantrum Tanpa Bunda Perlu Emosi

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 08 April 2023, 20:02 WIB
7 Cara Hadapi Anak Tantrum Tanpa Bunda Perlu Emosi (Freepik.com)

7 Cara Hadapi Anak Tantrum Tanpa Bunda Perlu Emosi (Freepik.com)

LABVIRAL.COM, Tantrum adalah sebuah kondisi di mana anak menunjukkan ledakan kemarahan dan frustasi yang tidak terkendali. Hal ini wajar terjadi apalagi pada anak usia 12 bulan hingga 6 tahun.

Tantrum bisa datang dalam berbagai bentuk, sehingga setiap anak akan mengekspresikan dengan berbeda-beda pula. Salah satu contohnya dengan teriakan, menangis, memukul-mukul, melempar barang, melukai diri sendiri atau orang lain.

Nah, bagaimana cara menghadapi anak tantrum dengan bijak? Inilah 5 cara menghadapi anak tantrum dengan bijak tanpa emosi dilansir Labviral.com dari berbagai sumber:

Baca Juga: Anak Tantrum Malam Hari, Ada 7 Penyebabnya dari Tumbuh Gigi hingga Mimpi Buruk

1. Biarkan saja namun tetap diawasi

Langkah awal yang bisa dilakukan orangtua saat anak tantrum adalah membiarkannya saja sembari tetap mengawasi. Jika anak tidak melakukan hal berbahaya sebaiknya biarkan anak melepaskan kemarahannya sejenak dengan caranya.

2. Ajak anak bicara dengan lembut

Jika sudah beberapa waktu belum tenang, ajak anak untuk berbicara dengan nada lembut. Anak tantrum tentu saja moodnya sedang tidak baik-baik saja dan bisa bersikap agresif. Makanya sebagai orangtua wajib menggunakan kepala dingin dan tanyakan baik-baik apa yang membuat anak mengamuk atau menangis.

Saat berbicara, usahakan berdiri sejajar dengan mata anak dan lakukan kontak mata agar anak benar-benar merasa diperhatikan.

3. Validasi perasaan anak

Meski yang dilakukan anak dirasa tidak masuk akal bagi orangtua atau bahkan nyeleneh, tapi orangtua wajib memvalidasi perasaannya. Ucapkan kata-kata yang menunjukkan bahwa orangtua mengerti apa yang dirasakan anak.

Baca Juga: 5 Tanda Pasti Kamu Itu Karismatik, Huhuy!

4. Alihkan perhatian

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini