3 Hadits tentang Berbuat Baik, Cerminkan Islam Rahmatan Lil Alamin

Hadi Mulyono
Selasa 23 Mei 2023, 16:59 WIB
Hadits tentang berbuat baik. (Sumber : unsplash.com/Bimbingan Islam)

Hadits tentang berbuat baik. (Sumber : unsplash.com/Bimbingan Islam)

LABVIRAL.COM - Sejumlah hadits tentang berbuat baik menjadi bukti bahwa Islam selalu mengajarkan kebaikan terhadap sesama.

Bukan hanya kepada manusia, perbuatan baik harus pula diberikan kepada hewan, tumbuhan dan makhluk ciptaan Allah lainnya.

Hal yang demikian menjadi cerminan bahwa Islam merupakan agama yang Rahmatan Lil Alamin (menebar rahmat kepada seluruh alam).

Berikut ini Labviral.com bagikan hadits-hadits tentang berbuat baik yang bisa menjadi pedoman kita dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga: Bacaan Doa Shalat Istikharah Sesuai Hadis, Arab, Latin dan Artinya

1. Anjuran bergembira setelah berbuat baik

Rasulullah saw bersabda, "Sebaik-baik umatku, adalah apabila pergi (musafir) dia berbuka dan sholat Qashar, dan jika berbuat kebaikan merasa gembira, tetapi apabila melakukan keburukan dia beristighfar. Dan seburuk-buruk umatku adalah yang dilahirkan dalam kenikmatan dan dibesarkan dengannya, makanannya sebaik-baik makanan, dia mengenakan pakaian mewah-mewah dan bila berkata tidak benar (tidak jujur)." (HR. At-Thabrani)

2. Berbuat baik kepada tamu

Nabi Muhammad saw bersabda, "Siapa pun yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya, dan siapa pun yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia memuliakan tamunya." (HR. Muslim).

Baca Juga: Hukum Puasa saat Idul Fitri Hari Pertama Menurut Hadis

3. Berbuat baik kepada tetangga

Dari Abu Hurairah ra ia berkata, "Dikatakan kepada Rasulullah saw, 'Wahai Rasulullah saw, Fulanah selalu sholat malam (qiyamul lail) dan puasa di siang harinya. akan tetapi, ia sering mencela tetangganya.'

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini