Dana Korupsi Menara BTS Diduga Mengalir ke Tiga Partai Politik, Mahfud Langsung Lapor Presiden

Annisa Fadhilah
Selasa 23 Mei 2023, 19:37 WIB
Profil Mahfud MD, Menkopolhukam yang Didekati PKS Jadi Cawapres Anies Hingga Picu Keretakan Koalisi Perubahan dengan Demokrat (FOTO: Dok. Pri)

Profil Mahfud MD, Menkopolhukam yang Didekati PKS Jadi Cawapres Anies Hingga Picu Keretakan Koalisi Perubahan dengan Demokrat (FOTO: Dok. Pri)

LABVIRAL.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Plt Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Mahfud MD mengaku mendapatkan informasi aliran dana kasus korupsi pembangunan menara base transceiver station (BTS) 4G diduga mengalir ke tiga partai politik.

“Saya juga dapat berita itu, dengan nama-namanya. Tetapi, saya anggap itu gosip politik. Kami bekerja dengan hukum saja,” kata Mahfud usai pelantikan pejabat eselon I Kominfo di Kantor Kominfo pada Selasa (23/5/2023).

Terkait informasi itu, Mahfud menyatakan Presiden Jokowi sudah mengetahuinya.

Baca Juga: Kader NasDem Johnny G Plate Jadi Tersangka Korupsi, Politisi Demokrat: Koalisi Perubahan Tetap Kokoh Dukung Anies Baswedan

"Saya juga sudah lapor soal itu ke presiden, ‘Pak, saya tidak akan masuk ke soal ini’. Ini pembuktiannya akan rumit dan mungkin menimbulkan kemelut politik. Oleh sebab itu, saya persilakan kejaksaan atau KPK (untuk mendalami),” kata Mahfud.

Diketahui, Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebagai tersangka kasus korupsi, setelah melakukan tiga kali pemanggilan.

Menurut Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi, Johnny G Plate terlibat korupsi penyediaan menara Base Transreceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022.

Kuntadi mengungkapkan, penetapan tersangka terhadap Johnny G Plate terkait wewenang dia sebagai pengguna anggaran dan posisinya sebagai menteri hingga merugikan negara sebesar Rp8,032 triliun.

Baca Juga: Menunggu Jokowi Reshuffle Kabinet Usai Johnny G Plate Tersangka, Teddy Berharap Penggantinya Bukan dari NasDem

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini