Doa Setelah Mandi Wajib Terlengkap, Arab, Latin dan Terjemahannya

Hadi Mulyono
Kamis 25 Mei 2023, 16:07 WIB
Doa setelah mandi wajib. (Sumber : pexels.com/Karolina Grabowska)

Doa setelah mandi wajib. (Sumber : pexels.com/Karolina Grabowska)

LABVIRAL.COM - Ketika kita menyucikan diri dari hadas besar, membaca doa setelah mandi wajib bisa semakin menambah kesempurnaan ritual tersebut.

Mandi wajib atau yang biasa disebut dengan istilah mandi junub adalah proses membersihkan diri untuk menghilangkan hadas besar yang disebabkan oleh haid, nifas dan hubungan badan suami istri.

Mengetahui niat dan tata cara mandi wajib tentu teramat penting bagi seorang muslim karena yang demikian menjadi salah satu penyebab sah atau tidaknya ibadah salat.

Niat mandi wajib

Dalam berbagai literatur fikih disebutkan bahwa rukun mandi wajib ada dua yakni niat dan meratakan air ke seluruh tubuh. Adapun bacaan niatnya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْ غُسْلَ لِرَف ْعِ الْحَدَث ِ الْأَكْبَر ِ مِنَ الْجِ نَابَةِ فَرْ ضًا لِلهِ تَ عَالَى

Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku niat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah ta’ala.”

Tata cara mandi wajib yang harus dilakukan yakni membaca niat di atas lalu mengguyur setiap anggota badan bagian luar tanpa terkecuali.

Dengan demikian, hal-hal lain dalam mandi tersebut seperti wudhu, menggosok gigi, pakai sabun, shampo dan sebagainya mempunyai hukum sunnah.

Doa setelah mandi wajib

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ

Asyhadu al lâ ilâha illaLlâh wahdahu lâ syarîka lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasûluhu. Allahummaj Alni minat tawwâbîna waj’alni minal mutathahhirîn. Subhânaka Allâhumma wa bihamdika asyhadu al lâ ilâha illa Anta astaghfiruka wa atûbu ilaik. Wa shallaLlâhu ‘ala sayyidina Muhammad wa `âli Muhammad."

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini