Gaduh Putusan Bocor, Saiful Mujani: Mestinya MK Mendengarkan Ini

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 28 Mei 2023, 21:06 WIB
Ilustrasi, Sistem pemilu proporsional terbuka dan proporsional tertutup

Ilustrasi, Sistem pemilu proporsional terbuka dan proporsional tertutup

LABVIRAL.COM - Peneliti senior Saiful Mujani ikut menyorot bocornya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan sistem pemilu proporsional terbuka menjadi tertutup.

Saiful Mujani tidak mempermasalahkan apabila sistem pemilu diganti. Menurutnya, baik sistem proporsional terbuka maupun sistem proporsional terbuka sama-sama dalam payung demokrasi.

"Baik sistem proporsional terbuka maupun tertutup atau sistem campuran antara keduanya dalam pemilu legislatif semuanya berada dalam payung demokrasi, dan tak bertentangan dengan konstitusi kita," kicau Saiful Mujani sebagaimana dikutip Labviral.com dari akun Twitter @saiful_mujani, Minggu (28/5/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Daftar Polisi Tidak Diterima, Kini Jadi Bacapres 2024, Guntur Romli: Memang Rendah Hati, Bukan Basa Basi

Kendati begitu, Saiful Mujani menilai MK tidak memiliki kewenangan untuk menilai mana yang lebih konstitusional terkait sistem pemilu.

"Kalau mau merubah sistem terbuka ke tertutup harusnya dilakukan oleh DPR bukan oleh MK, dan itu lebih masalah pilihan politik dan karena itu berada di ranah DPR bukan di ranah judisial MK," tuturnya.

Selain itu, Saiful Mujani mengatakan mayoritas partai di parlemen lebih setuju menggunakan sistem proporsional terbuka dalam Pemilu 2024.

Baca Juga: Paska Viral Video Syur Durasi 47 Detik, Sahabat Ungkap Kondisi Mental Rebecca Klopper

"Sekarang di fraksi DPR hampir semua menginginkan tetap dengan sistem proporsional terbuka. Mestinya MK mendengarkan ini," imbuhnya.

Denny Indrayana Bocorkan Putusan MK

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini