Bacaan Tahiyat Akhir Terlengkap, Hukum, Arab, Latin dan Terjemahan

Hadi Mulyono
Kamis 01 Juni 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi-Salat (Sumber : Envato)

Ilustrasi-Salat (Sumber : Envato)

LABVIRAL.COM - Siapa yang masih belum hafal dengan bacaan tahiyat akhir yang harus dibaca setiap salat?

Bagi yang belum hafal, artikel ini adalah solusi yang tepat karena akan membagikan seperti apa bacaan yang juga dikenal dengan istilah tasyahud akhir.

Selain itu, akan dijelaskan pula hukum membaca bacaan tersebut dalam salat, baik yang sunnah maupun fadhu lima waktu sehari semalam. So, simak sampai habis ya!

Baca Juga: Keutamaan Salat Tarawih 10 Malam Kedua, Rugi Kalau Enggak Ikutan

Hukum tahiyat akhir

Hukum tahiyat akhir berbeda dengan saat tasyahud awal. Sebab, tahiyat akhir hukumnya wajib sedangkan yang awal hukumnya sunnah ab'ad (sangat dianjurkan).

Bukan hanya itu saja, tahiyat akhir merupakan salah satu bacaan yang termasuk dalam rukun salat. Oleh sebab itu apabila tidak diamalkan maka salatnya tidak sah.

Adapun bacaan yang menjadi rukun dalam salat terdiri dari lima yakni membaca takbiratul ihram, membaca Surah Al-Fatihah, membaca tahiyat akhir, membaca sholawat saat tahiyat akhir, dan salam pertama.

Baca Juga: Perbanyak saat Ramadan, Ini Niat Salat Rawatib Lengkap dengan Tata Caranya

Bacaan tahiyat akhir

Pada dasarnya, bacaan tasyahud akhir sama dengan ketika tahiyat awal. Hanya saja saat tahiyat akhir dilengkapi dengan bacaan sholawat atas Nabi Ibrahim as.

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلَامُ عَلَيْك أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ, أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ, اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِ نَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِ نَا إِبْرَاهِيمَ، وَ بَارِكْ عَلٰى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِ نَا إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلٰى آلِ سَيِّدِ نَا إِبْرَاهِيمَ، فِى الْعَا لَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini