4 Keutamaan Sholat Isya Tepat Waktu, Apalagi Jika Berjamaah

Hadi Mulyono
Selasa 06 Juni 2023, 19:00 WIB
Keutamaan sholat isya. (Sumber : pexels.com/Didno Didno)

Keutamaan sholat isya. (Sumber : pexels.com/Didno Didno)

LABVIRAL.COM - Tidak sedikit umat muslim yang penasaran apa saja keutamaan sholat Isya sehingga sayang apabila ditinggalkan.

Sholat yang waktu pengerjaannya pada malam hari tersebut, dikenal cukup berat dilakukan karena biasanya orang sudah mulai lelah dengan aktivitas yang dilakukan sepanjang hari.

Namun seandainya tahu apa keistimewaan dan pahala sholat ini, maka niscaya umat muslim akan selalu mengerjakannya.

Baca Juga: Pahala Sholat di Masjidil Haram, Bikin Iri yang Belum Haji dan Umroh

1. Seperti sholat separuh malam

Dalam sebuah hadis dikatakan, "Barangsiapa sholat Isya secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan sholat separuh malam. Barangsiapa sholat Subuh berjamaah maka seakan-akan dia sholat seluruh malam." (HR. Muslim).

2. Terhindar dari sifat munafik

Dari Abu Hurairah ra, dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat Isya dan sholat Shubuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekali pun mereka harus merangkak." (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Ashar Sendiri atau Berjemaah, Umat Islam Harus Hafal

3. Menghapus dosa

Rasulullah saw bersabda, "Tidak seorang muslim ketika waktunya sholat wajib, ia membaguskan wudhunya, lalu khusyuk dalam sholatnya, serta menyempurnakan rukuknya. Melainkan hal itu menjadi penghapus segala dosanya, selama ia tidak mengerjakan dosa besar." (HR. Muslim no. 228).

4. Mendapat cahaya dunia dan akhirat

Rasulullah saw bersabda, "Berikanlah kabar gembira untuk mereka yang berjalan melaksanakan sholat di gelapnya malam, bahwa ia akan diberikan cahaya sempurna di dunia dan di akhirat." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini