3 Hadits tentang Keutamaan Senyum, Benarkah Bernilai Ibadah?

Hadi Mulyono
Rabu 07 Juni 2023, 14:49 WIB
Hadits tentang keutamaan senyum. (Sumber : unsplash.com/Sam Sul)

Hadits tentang keutamaan senyum. (Sumber : unsplash.com/Sam Sul)

LABVIRAL.COM - Sejumlah hadits tentang keutamaan senyum perlu diketahui setiap muslim karena amalan yang sederhana ini bisa membawa keberkahan yang luar biasa.

Hal ini menunjukkan bahwa agama Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menebar senyum daripada cemberut, marah dan lain sebagainya.

Sebab, senyum yang tulus bisa memunculkan energi positif yang tentu bisa bermanfaat bagi orang lain. Berikut ini Labviral.com bagikan beberapa hadits yang menunjukkan tentang betapa indahnya senyuman.

Baca Juga: 4 Hadits tentang Keutamaan Membaca Al-Qur'an, Muslim Harus Tahu

Hadits tentang senyum

Siapa sangka bahwa senyum yang merekah di bibir kita bisa bernilai ibadah, jika dilepaskan dengan niat baik serta hati yang tulus ikhlas.

Dari Abu Dzar radhiyallahuanhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu." (HR. Tirmidzi no. 1956).

Dalam hadits lain, Rasulullah saw bersabda, "Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria (senyum)." (HR. Muslim).

Baca Juga: 3 Contoh Hadits Qauliyah Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-cirinya

Selain itu, terdapat riwayat lain yang mengatakan, "Termasuk sedekah adalah engkau mengucapkan salam dengan wajah ceria (senyum) kepada orang-orang." (HR. Ibnu Abi Dunya).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini